facebook pixel

SMK Akan Dilibatkan dalam Proyek Mobil Perdesaan

Mobil Desa dirancang untuk bisa dirakit oleh Masyarakat dan siswa SMK (Ilustrasi: Okezone)

Mobil Desa dirancang untuk bisa dirakit oleh Masyarakat dan siswa SMK (Ilustrasi: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah membahas mobil khusus masyarakat pedesaan. Mobil tersebut akan menggantikan grandong yang biasa dijadikan kendaraan angkut beras dan mesin penggiling.

Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, mobil pedesaan dirancang untuk bisa dirakit oleh masyrakat desa termasuk juga para pelajar.

"Kami bikin prototipe, di mana orang desa bisa merakit sendiri, memelihara sendiri. Bahkan target kami sSMK itu bisa merakit dan memelihara mobilnya," ujar Putu di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan pihaknya sudah memiliki desain untuk prototipe (purwarupa) mobil pedesaan. Setelah model prototipe jadi, mobil itu segera masuk ke tahap produksi.

Belum bisa dipastikan kapan proyek ini terealisasi. Namun mobil pedesaan dijanjikan dijual dengan harga di bawah Rp100 juta bergantung pada kondisi nilai tukar rupiah. Harga tersebut tentunya menyesuaikan dengan kondisi perekonomian masyarakat desa. Selain itu, Pemerintah juga tidak menyediakan subsidi untuk mobil tersebut.(mli)

(ton)
​