Trump Pastikan Pencalonan James Mattis Jadi Menteri Pertahanan

Presiden Terpilih AS Donald Trump dan James Mattis. (Foto: Getty Images)

Presiden Terpilih AS Donald Trump dan James Mattis. (Foto: Getty Images)

WASHINGTON - Presiden Terpilih Amerika Serikat (AS) memberi sinyal akan memilih Pensiunan Jenderal Marinir, James Mattis (66) menjadi menteri pertahanan di parlemennya. Informasi ini didapatkan oleh dua sumber terpercaya disampaikan pada CNN.

Dilansir dari CNN, Jumat (2/11/2016) salah seorang sumber mengungkapkan bahwa Mattis adalah kandidat terpilih untuk menempati posisi menteri pertahanan. Sumber yang lain juga menyampaikan bahwa Mattis ditunjuk langsung oleh Trump, namun hal ini belum mencapai kesepakatan mutlak. Pihak terpercaya selanjutnya juga mengungkapkan jika hal ini belum final dan sepertinya tidak akan ada keputusan hingga minggu ini.

Mattis diperkirakan akan bergabung dengan tim keamanan nasional kabinet Trump yang di dalamnya sudah diisi oleh pensiunan angkatan darat, Letjen Michael Flynn sebagai penasihat keamanan nasional dan Mike Pompeo sebagai direktur CIA. Ketika berita tentang pemilihan Mattis ini merebak. Putra presiden terpilih AS, Donald Trump Jr. me-retweet pemberitaan terkait pemilihan Mattis sebagai menteri

pertahanan dari portal berita Washington Post. Namun, tweet tersebut kemudian dihapus dan kemudian Trump junior me-retweet keterangan juru bicara transisi, Jason Miller bahwa keputusan pemilihan menteri pertahanan belum dibuat.

"Tidak ada keputusan yang dibuat berkenaan dengan Menteri Pertahanan. #TrumpTransition," tweet Miller di akun media sosialnya.

Sementara itu, Telegraph melaporkan, Mattis butuh dukungan Kongres untuk menduduki jabatan di kabinet. Pengumuman resmi penunjukan Mattis ini direncanakan pada Senin pekan depan.

"Kami akan menunjuk 'Mad Dog' Mattis sebagai menteri pertahanan. Dia harapan terbaik kita. Mereka berkata, ia yang paling mendekati figur Jenderal George Patton pada Perang Dunia II yang kita miliki," ujar Trump dalam kampanye pasca-kemenangan di Cincinnati, Kamis 1 Desember malam.

(rfa)
1 / 2
breaking news x