Papan Selancar Selamatkan Nyawa Kakek Ini dari Gigitan Hiu

Papan Selancar Selamatkan Nyawa Kakek Rowland. (Foto: Facebook James Rowland)

Papan Selancar Selamatkan Nyawa Kakek Rowland. (Foto: Facebook James Rowland)

SIDNEY - Colin Rowland (65) harus dilarikan ke rumah sakit setelah mendapat serangan dari seekor hiu ketika tengah berselancar di Pantai Seven Mile, dekat Forster, New South Wales Australia. Beruntung nyawa Rowland berhasil selamat karena hiu tersebut menggigit papan selancarnya.

Rowland mengungkapkan, ketika tengah berselancar, ia melihat sekira enam lumba-lumba berenang di bawah papan selancarnya. Namun, setelah itu ia justru terlempar ke udara dan papan selancarnya sudah patah sebagian akibat gigitan hiu putih yang panjangnya sekira 2,5 sampai 4 meter.

Dilansir dari Daily Mail, Jumat (2/11/2016) Rowland mengalami cidera di bagian bahu dan kakinya. Ia harus mendapat 20 jahitan pada lukanya. Rowland mendapatkan luka tersebut setelah ia menendang dan menangkis serangan hiu, sebelum akhirnya berhasil berenang menuju pantai dan menghubungi layanan darurat. Meskipun kejadian ini membawa Rowland dekat dengan kematian, ia mengaku siap kembali ke laut.

Hingga kini Rowland masih menjalani proses pemulihan. Menurut Rowland, insiden ini merupakan kesalahannya sendiri.

"Ini bukan kesalahan hiu, aku sendiri yang datang ke wilayahnya. Aku berada di tempat yang salah pada waktu yang salah. Dan aku beruntung bisa tetap hidup," ujar Rowland pada Nine News.

Sementara itu, putra Rowland, James, mem-posting pesan melalui akun media sosial pribadinya bahwa ayahnya dalam kondisi baik-baik saja. "Aku hanya ingin orang tahu jika ayah sudah melakukannya dengan cukup baik hingga saat ini. Dan ia ingin berterimakasih kepada semua orang yang sudah memberikan dukungan padanya. Kini ayah sedang menanti operasi untuk kakinya dan ia akan segera pulih," tulis James.

Serangan tersebut terjadi pada Kamis 1 Desember 2016. Rowland dievakuasi oleh paramedis Ambulans New South Wales, kemudian diterbangkan ke Rumah Sakit John Hunter dengan helikopter dalam kondisi stabil. Rowland bahkan masih sempat melempar senyum dan memberi mengacungkan jempolnya kepada orang-orang ketika ia akan dimasukkan ke dalam helikopter.

Seorang wanita yang menjadi saksi peristiwa penyerangan hiu tersebut mengungkapkan, "Itu sangat mengerikan. Beruntung di sana ada dua orang pemuda yang membantunya. Kakinya tergigit tapi tidak parah dan papan selancarnya hancur. Meskipun terluka kupikir ia akan baik-baik saja," tuturnya.

Sementara itu, Surf Life Saving NSW (badan keselamatan olaharaga selancar) mengungkapkan, pantai lokasi tempat Rowland digigit hiu ditutup hingga 24 jam ke depan. Peringatan tanda bahaya juga dipasang di Taman Nasional dan masyarakat dilarang berenang di laut. Hiu yang menyerang Rowland telah dikonfrimasi merupakan jenis hiu putih. Masih belum ada keterangan resmi kapan pantai akan dibuka kembali untuk umum dan hal ini menunggu keputusan dari pihak berwenang. (rav)

(rfa)
breaking news x