Trump Berjanji akan Terus Lindungi Pekerja AS

Trump bertemu dengan para pekerja di pabrik Carrier Corp di Indianapolis (Foto: Getty Images)

Trump bertemu dengan para pekerja di pabrik Carrier Corp di Indianapolis (Foto: Getty Images)

CINCINNATI – Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan bahwa ia akan terus melindungi para pekerja di Negeri Paman Sam. Trump mengatakan hal tersebut di tur pertamanya yang ia adakan semenjak terpilih sebagai Presiden AS.

Tur yang dinamakan thank-you tour (tur berterima kasih) itu dimulai pada Kamis 1 Desember 2016 waktu setempat di Kota Cincinnati, Negara Bagian Ohio. Pada turnya itu, Trump tidak sendirian, ia juga ditemani Wakil Presiden terpilih AS Mike Pence.

Trump mengawali pidatonya dengan mengucapkan terima kasih kepada para pendukungnya dan menyatakan kemenangan di Ohio membantunya memenangkan Pilpres AS.

Dengan mengusung tema nasionalistis, Trump menyatakan janjinya untuk melindungi hak-hak warga negara AS. “Orang Amerika akan selalu didahulukan. Tidak akan lagi kepentingan yang lain mendahului kepentingan warga Amerika. Itu tidak akan terjadi lagi,” tegas Trump di depan warga Cincinnati, sebagaimana dikutip dari NPR, Jumat (2/12/2016).

Sebelum bertemu dengan para pendukungnya di Cincinnati, Trump sempat mengunjungi pabrik manufaktur yang berada di Indianapolis. Di depan pekerja pabrik, Trump berjanji akan tetap menjaga perusahaan manufaktur tetap ada agar para warga AS tidak khawatir kehilangan pekerjaan mereka dengan ancaman pemindahan pabrik ke negara-negara yang memiliki biaya buruh rendah, seperti Meksiko. “Karena mereka (perusahaan manufaktur) tidak akan meninggalkan AS,” janji Trump.

(emj)
breaking news x