Aksi Damai 212, Menko Polhukam: Ini Peristiwa yang Luar Biasa

Menko Polhukam, Wiranto (foto: Okezone)

Menko Polhukam, Wiranto (foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, mengapreasiasi aksi super-damai yang diikuti jutaan umat Islam pada hari ini.

Wiranto menyebutkan, aksi super-damai ini sebagai peristiwa luar biasa karena terdapat penumpukan massa dalam jumlah sangat besar namun berlangsung tertib.

"Hari ini kita menyaksikan peristiwa yang luar biasa, ada penumpukan massa tapi bisa berlangsung damai," kata Wiranto di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (2/12/2016).

 AKSI DAMAI 212: Subhanallah, Jakarta Memutih!!!

Apresiasi tersebut juga disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan ikut Salat Jumat berjamaah di Lapangan Monas, lantas menyampaikan rasa terima kasih dan berpesan agar massa segera kembali ke daerah masing-masing dengan selamat.

"Beliau (Presiden Jokowi) juga menyampaikan setelah selesai para jamaah diharapkan bisa kembali ke daerah-daerah masing-masing dengan selamat. Itu adalah penyampaian yang tulus dari seorang presiden yang menyambut baik kedatangan masyarakatnya," tuturnya.

Sementara itu, terkait tuntutan massa mengenai proses hukum bagi tersangka dugaan penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Wiranto meminta masyarakat untuk bersabar. Sebab seperti diketahui, berkas penyidikan Ahok sudah P21 atau lengkap dan siap dihadapkan ke meja pengadilan.

Sekali lagi, Wiranto menegaskan, pemerintah tidak akan melakukan upaya intervensi apa pun terhadap proses hukum ini.

"Marilah kita bersabar dan dipastikan bahwa pemerintah tidak berniat melakukan intervensi, tidak akan mencampuri. Kami mohon masyarakat sabar menunggu agar proses hukum dapat berlangsung dengan baik agar mewujudkan satu keadilan," ungkap Wiranto.

 AKSI DAMAI 212: Subhanallah, Jakarta Memutih!!!

Sebelumnya, Jokowi beserta Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyambut massa aksi super-damai dan melakukan Salat Jumat berjamaah di Lapangan Monas.

Keduanya didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, dan Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara.

Usai melaksanakan Salat Jumat, Jokowi, JK, beserta rombongan kembali ke Istana Negara.

 

(wal)
breaking news x