Wiranto: Mari Doakan Massa Aksi Damai 212 Kembali dengan Selamat

Menkopolhukam Wiranto bersama Presiden Joko Widodo dan  Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto Antara

Menkopolhukam Wiranto bersama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto Antara

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengakui, aksi super-damai 212 yang digelar pada hari ini adalah peristiwa luar biasa dan indah. Sebab, meski terdapat penumpukan massa dalam jumlah sangat besar, namun ketertiban tetap bisa dijaga.

Usai aksi ibadah gelar sajadah dilaksanakan, para peserta yang berasal dari seluruh Indonesia, kembali ke daerah masing-masing. Wiranto mendokan agar ribuan massa tersebut kembali dalam keadaan selamat.

"Ada suatu keindahan yang luar biasa tatkala kita melihat masyarakat melaksanakan kegiatan yang sangat luar biasa ini dengan tertib dan baik. Dan kita doakan mereka bisa kembali ke daerah masing masing dengan selamat," kata Wiranto di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (2/12/2016).

Wiranto mengaku mengikuti perjalanan massa aksi sejak pagi hari tadi. Ia pun sempat sejenak meninjau massa yang berkumpul di kawasan Monas dan menyaksikan interaksi warga yang harmonis.

"Tadi saya keliling, saya melihat ibu-ibu membawa makanan, kemudian di jalanan saya tadi juga melihat banyak sekali masyarakat yang berpartisipasi langsung masak, ada yang masak 1.000 bungkus-1.500 bungkus," katanya.

Meski tak diharapkan ada aksi lanjutan, namun Wiranto mengapresiasi jalannya aksi damai hari ini. Sebab, selain berlangsung tertib, aksi ini merupakan wujud musyawarah antara masyarakat dan aparat yang menghasilkan keputusan mendamaikan.

"Kedatangan massa cair itu sebenarnya ingin untuk bersama-sama melakukan zikir bersama, doa bersama untuk keselamatan negara. Sehingga datangnya itu sudah dengan hati tulus yang dingin hati yang tenteram," ucap dia.

(fzy)
breaking news x