Bubar Aksi, Menag Ingatkan Massa untuk Komitmen Tertib

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menyebutkan, pemerintah telah memenuhi keinginan para masyarakat yang melakukan aksi damai 212.

Keputusan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla yang ikut Salat Jumat bersama di kawasan Monas itu merupakan upaya pemerintah memenuhi keinginan masyarakat.

"Kita baru saja selesai Salat Jumat bersama-sama dan langsung dihadiri Presiden. Alhamdulillah jamaah itu sangat mengapresiasi kehadiran Presiden," kata Lukman di Komplek Istana, Jakarta, Jumat (2/12/2016).

Kedamaian aksi damai 212, kata Lukman, juga ditutup dengan sambutan Presiden Jokowi yang begitu sangat luar biasa.

Pasca-aksi super damai 212 itu, orang nomor satu di Kementerian Agama ini berharap para peserta kembali ke kediaman masing-masing dengan tertib.

"Jadi mudah-mudahan setelah ini jamaah bisa kembali ke tempat masing-masing sebagaimana komitmen yang sudah dibangun," tandasnya.

Sebelumnya, dengan difasilitasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) demonstrasi bela Islam 212 yang dimotori GNPF MUI akhirnya mendapatkan titik temu dengan Polri dan TNI yaitu dilaksanakan di Lapangan Monas dalam format tausiyah dan penyampaian pendapat umum dari para ulama diakhiri dengan salat Jumat di lokasi.

Bahkan, aparat Polri dan TNI akan ikut salat Jumat bersama serta mempersiapkan tempat yang nyaman untuk ibadah tersebut mulai dari membuka akses Monas, merapikan arah kiblat dan saf, hingga menyiapkan tempat wudu. Sementara bagi nonmuslim peserta aksi akan disediakan tempat yang nyaman untuk istirahat.

(ulu)
breaking news x