Aksi Damai 212, JK: Saya Hargai, Hujan Deras Tetap Semangat

Wakil Presiden RI M. Jusuf Kalla (Foto: Reni Lestari/Okezone)

Wakil Presiden RI M. Jusuf Kalla (Foto: Reni Lestari/Okezone)

JAKARTA - Apreasiasi terhadap tertibnya Aksi Super-Damai 212 hari ini tak hanya datang dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetapi juga Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). JK mengatakan salut dengan keteguhan para peserta aksi yang tetap semangat meski hujan deras mengguyur Ibu Kota tengah hari tadi.

"Saya menghargai semangatnya. Hujan deras tidak ada yang goyang, tidak ada yang pulang, tidak ada yang lari berteduh, ndak ada. semua tetap semangat. Itu luar biasa semangat itu," kata JK di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (2/12/2016).

JK diketahui ikut Salat Jumat berjamaah mendampingi Jokowi di Lapangan Monas. Usai melakukan ibadah Salat Jumat bersama jutaan umat Muslim, Jokowi kemudian memberikan pesannya agar massa segera kembali ke daerah masing-masing dengan selamat.

JK berharap setelah aksi kali ini, tak akan ada unjuk rasa serupa. Jika ingin melakukan doa bersama, sebaiknya dilakukan di masjid masing-masing. Untuk menjaga situasi bangsa tetap kondusif, JK mengimbau semua pihak untuk berkomitmen menghindari upaya pengerahan massa serupa setelah ini.

"Jaminannya semua oranglah, bukan hanya ulama, masyarakat, juga aparat kita," ujar dia.

Ia mengatakan, Jokowi dan dirinya sempat berjabat tangan dengan para pimpinan penyelenggara aksi. Namun yang paling penting, pesan para peserta aksi untuk menegakkan hukum telah didengar dengan jernih oleh keduanya.

"Ya jabat, jabat tangan lah. Tentu presiden mendengarkan apa yang niatnya dan tentu semuanya disalurkan ke jalur hukum. itu saja," kata JK.

(ulu)
breaking news x