Bela Aktivis yang Dituduh Makar, Ini Alasan Yusril

Yusril Ihza Mahendra (Foto: Dok. Okezone)

Yusril Ihza Mahendra (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Aktivis Ratna Sarumpaet dan tokoh nasional Rachmawati Soekarnoputri hingga siang belum menjalani pemeriksaan. Keduanya ditangkap aparat kepolisian sejak pagi tadi dan dibawa ke Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Pakar hukum tata negara, Yusril Ihza Mahendra mengatakan, keduanya ditangkap dengan tuduhan makar untuk menggulingkan pemerintah. Namun dia mengingatkan kepada aparat kepolisian untuk mengedepankan asas praduga tidak bersalah.

"Saya ingin mendampingi beliau-beliau yang ditangkap itu agar proses pemeriksaan ini berjalan secara fair, adil dan sesuai hukum acara yang berlaku," ujar Yusril melalui akun Twitter-nya @Yusrilihza_Mhd, Jumat (2/12/2016).

Dia mengatakan ada sejumlah tokoh dan aktivis lainnya yang ditangkap. Namun, dirinya belum sempat bertemu secara langsung.

Menurutnya, mereka setelah ditangkap lalu ditahan dalam ruangan yang terpisah. Dirinya baru sempat bertemu secara langsung dengan Ratna Sarumpaet dan Rachmawati.

"Enam tokoh yang lain seperti Pak Kivlan Zen, Adityawarman, Sri Bintang Pamungkas, Jamran dll saya belum bertemu," ucapnya.

(put)
breaking news x