GNPF MUI: Peserta Aksi Super-Damai Diperkirakan Capai 5 Juta Orang

Foto udara aksi super-damai 212 di Lapangan Monas. Foto Sigid Kurniawan/Antara

Foto udara aksi super-damai 212 di Lapangan Monas. Foto Sigid Kurniawan/Antara

JAKARTA – Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) mengatakan bahwa jumlah peserta Aksi Super-Damai 212 yang terpusat di Lapangan Monas mencapai jutaan orang.

Salah satu pengacara GNPF MUI Novel Bamukmin mengungkap, jumlah tersebut lebih besar dari aksi sebelumnya yaitu pada 4 November 2016.

“Alhamdhulillah peserta demo banyak. Dua kali lipatnya yang kemarin (411). Sekira 5 juta orang, karena setiap jalan penuh dengan orang,” katanya, Jumat (2/12/2016).

Ia menambahkan, massa yang ikut dalam aksi itu sangat memenuhi jalan-jalan di sekitar Monas. “Di Monas Istana Jalan Medan Merdeka semua penuh. Masa luar biasa, ya lebih banyak dari sebelumnya,” lanjut Novel.

Dalam aksi kali ini Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla juga datang ke Monas untuk melaksanakan Salat Jumat bersama. Bahkan Jokowi juga berterima kasih kepada massa karena melaksanakan aksi dengan sangat damai. “Tadi juga ada Jokowi-JK, Panglima TNI, dan banyak tokoh,” ujar Novel melanjutkan.

Sebelumnya GNPF MUI memprediksi bahwa jumlah peserta mencapai 3 juta orang. Sementara polisi memperkirakan hanya 200.000 orang yang akan mengikuti jalannya Aksi Super-Damai 212 tersebut.

 

(fzy)
breaking news x