Aksi 212 Bubar, Giliran "Pasukan Oranye" Sisir Monas

Pekerja dari Dinas Kebersihan mulai memungut kantong sampah. (Fahreza R/Okezone)

Pekerja dari Dinas Kebersihan mulai memungut kantong sampah. (Fahreza R/Okezone)

JAKARTA - Aksi damai 212 di pelataran Monas, Jakarta Pusat pada Jumat (2/12/2016) telah berakhir. Kendati aksi damai 212 dihadiri oleh ratusan ribu massa, pelataran Monas terlihat bersih dari sampah.

Berdasarkan pantauan Okezone, di pelataran Monas hanya tersisa kantung-kantung sampah. Sekira pukul 15.30 WIB, Dinas Kebersihan DKI Jakarta yang berseragam oranye mulai mengangkut plastik-plastik sampah tersebut.

Aksi damai 212 sendiri telah berakhir seusai shalat jumat. Massa memang direncanakan bubar usai melaksanakan ibadah shalat jumat dan doa bersama.

Sebelumnya, ratusan warga Ciamis, Jawa Barat berdatangan ke Jakarta untuk membantu membersihkan kawasan Monas dari sampah. Pasukan itu pun bekerja menggunkan topi tani membawa sapu lidi dan pengki.

Seperti diketahui, aksi 212 dipicu oleh pernyataan Gubernur nonaktif DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama (Ahok) soal Alquran surah Al-Maidah ayat 51. Massa mempertanyakan aparat penegak hukum yang tidak menahan usai ditetapkan sebagai tersangka. (sym)

(abp)
breaking news x