BMKG Imbau Nelayan Waspadai Gelombang Tinggi

ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

PANGKALPINANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), mengimbau nelayan agar mewaspadai gelombang tinggi yang diprakirakan terjadi pada Sabtu 3 Desember 2016 besok.

"Kami imbau nelayan untuk meningkatkan kewaspadaan terutama di sekitar perairan Selat Karimata dan Selatan Bangka yang tinggi gelombangnya masing-masing berkisar 1,25 meter atau bahkan bisa mencapai dua kali dari tinggi tersebut," kata staf Koordinator Unit Analisis pada Kantor BMKG Pangkalpinang, Deas Achmad Rivai, Jumat (2/12/2016).

Sementara itu, lanjutnya, di Selat Bangka dan Utara Bangka masing-masing berkisar 0,5 meter, di Selat Gelasa berkisar 0,75 meter. Rata-rata kecepatan angin berkisar 9-38 meter per jam dari Selatan ke Barat.

"Kecepatan dan arah angin sangat mempengaruhi tinggi gelombang, lebih baik nelayan menghindari berakitivitas di sekitar perairan Selat Karimata dan Selatan Bangka," ujarnya.

Sedangkan pasang air laut maksimum di Sungailiat Kabupaten Bangka berkisar 2,44 meter, di Membalong Belitung 2,31 meter, Toboali Bangka Selatan 2,03 meter. Kemudian Muntok Bangka Barat 2,06 meter, Kelapa Kampit Belitung Timur 1,83 meter, Tanjungpandan Belitung 1,66 meter, dan di Belinyu Kabupaten Bangka 1,81 meter.

Ia mengatakan, daratan di Mentok, Koba, dan Sungai Selan, dan Manggar berpotensi hujan dengan intensitas sedang, sementara itu di Jebus, Belinyu, Sungailiat, Pangkalpinang, Toboali, Tanjungpandan, dan Selat Nasik berpotensi hujan ringan. Rata-rata kecepatan angin 6-22 kilometer, suhu 23-32 derajat celcius dan kelembaban udara 64-98 persen.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang kencang pada siang - sore hari terutama di sebagian besar wilayah Bangka Bagian Tengah dan Belitung," ujarnya.

(put)
breaking news x