BMKG Beri Peringatan Potensi Hujan Petir di Bengkulu

BENGKULU - Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu mengimbau masyarakat mewaspadai potensi hujan disertai petir yang melanda wilayah Bengkulu, terutama di delapan wilayah kabupaten dan kota.

"Waspadai potensi hujan intensitas sedang dan lebat yang disertai petir di delapan wilayah kabupaten dan kota," kata Prakirawan BMKG Bengkulu, Harits Syahid Hakim di Bengkulu, Jumat (2/12/2016).

Wilayah yang berpotensi diguyur hujan disertai petir antara lain di wilayah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, Rejanglebong, Kepahiang, Kota Bengkulu dan Seluma. Harits mengatakan, potensi hujan lebat di wilayah itu dapat mengakibatkan genangan air, banjir dan longsor.

"Terutama masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai perlu mewaspadai potensi banjir skibat luapan sungai," kata dia.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkulu merilis kejadian bencana alam yang terjadi di wilayah ini dalam kurun Januari hingga Oktober 2016 mencapai 169 kejadian.

"Bencana alam didominasi longsor dan banjir yang terjadi merata di seluruh wilayah kabupaten dan kota," kata Kepala BPBD Provinsi Bengkulu, Husni Mahyudin.

Ia mengatakan potensi hujan lebat yang mengguyur Bengkulu diperkirakan terjadi hingga awal tahun 2017, sehingga warga diimbau waspada terhadap ancaman banjir dan longsor.

(put)
breaking news x