Doa Bersama Lintas Agama di Batam Berjalan Tertib

ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

BATAM - Kegiatan doa bersama yang diikuti ratusan orang dari berbagai agama di Kota Batam Kepulauan Riau (Kepri), Jumat (2/12/2016) berjalan aman dan tertib.

Doa bersama digelar di beberapa tempat terpisah, sesuai dengan agama masing-masing. Untuk umat Islam dipusatkan di Masjid Agung dan Katolik di Aula Pemkot Batam. Sedangkan umat Hindu, Buddha dan Konghucu di tempat ibadah masing-masing.

Wakapolres Barelang AKBP Hengki, sebelum pelaksanaan doa bersama di Masjid Agung Batam, menyatakan kegiatan pada siang itu khusus mendoakan Indonesia yang damai, meskipun terdapat keberagaman agama, suku, budaya dan golongan.

"Kita, Indonesia bersatu dalam wadah Negara Kesatuan RI. Pelangi bisa menjadi indah karena warnanya yang bermacam-macam. Indonesia mengenal ragam budaya. Dari Sabang sampai Merauke suku bangsa beragam, agama pun demikian," tuturnya.

Aparat kepolisian selalu siap memberikan perlindungan kepada seluruh warga negara, tanpa memertimbangkan berbagai perbedaan yang ada.

Ia pun mengajak seluruh umat beragama untuk menjauhi praktik kekerasan, dan menjaga keutuhan NKRI.

"Kita jaga situasi yang kondusif di Kota Batam ini. Jangan terpengaruh daerah lain. Kita jaga kebersamaan kita, kebhinnekaan kita. Saling gotong royong, menghormati antarsesama," ujarnya.

Apalagi, kata dia, Batam adalah miniatur Indonesia, yang warganya terdiri dari beragam suku, bangsa dan agama.

Pada kesempatan yang sama, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Pemkot Batam, Jefridin juga mengajak seluruh warga menjaga persatuan kesatuan NKRI.

"Batam ini strategis dari sisi perdagangan, kalau ini tidak bisa dijaga baik, maka Batam kolaps, otomatis pembangunan kita stagnan. Maka kondisi keamanan merupakan satu hal yang penting," ungkap Jefridin.

(put)
breaking news x