Tabrak Karang, Kapal Pengangkut LPG Tenggelam

foto: dok Okezone

foto: dok Okezone

SURABAYA – Akibat menabrak karang di perairan Pantura, Kecamatan Raas, Kabupaten Sumenep, sebuah kapal layar motor (KLM) Babur Rahman tenggelam. Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa.

Hanya saja muatan kapal berupa LPG 3 Kilogram yang berjumlah 560 tabung ikut tenggelam. Tidak hanya itu, sejumlah peralatan sekolah yang diangkut kapal seperti kursi, papan tulis, meja, serta rak juga ikut tenggelam.

KLM Babur Rahman sendiri milik H Isman warga Kalisangka, Kecamatan Arjasa, Sumenep. Kapal ini dinakhodai oleh Sahlan (42) bersama tiga ABK dan seorang penumpang dari Dinas Pendidikan bernama Rasyid.

Nakhoda dan 3 ABK serta seorang penumpang selamat. Mereka ditolong kapal nelayan yang kebetulan melintas di lokasi saat kejadian.

“Kapal tenggelam diduga karena menabrak karang. Beruntung dalam musibah ini tidak ada korban jiwa. Kejadiannya kemarin,” terang Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Hasanudin kepada wartawan, Jumat (2/12/2016).

Menurutnya, kapal berlayar dari pelabuhan Kalianget menuju pulau Raas. Ketika sampai di pelabuhan Panggung, Brakas, Raas Nakhoda memutuskan pindah ke pelabuhan Kropoh, Raas. Itu dilakukan supaya pembongkaran barang lebih dekat dengan gudang.

“Karena diduga nakhoda tidak mengenal medan, lalu menabrak karang dan menyebabkan kapal tenggelam. Saat ini masih proses evakuasi untuk barang yang bisa diselamatkan,” pungkasnya.

(wal)
breaking news x