Mendikbud: Persiapan USBN Rampung 70 Persen

Muhadji Effendi (Foto: Antara)

Muhadji Effendi (Foto: Antara)

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyiapkan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) sebagai pengganti UN pada 2017.

Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan, saat ini draf rancangan tersebut telah diserahkan kepada Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

"Jika disetujui, kami siap melaksanakannya. Sudah 70 persen, tinggal produksi soal," ujarnya, baru-baru ini.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu optimistis jika dalam waktu beberapa bulan bisa merampungkan persiapan USBN. Setiap daerah juga diharapkan mampu menyelenggarakan USBN dengan baik.

"Kalau dari pusat sudah siap. Selain soal tinggal pelaksanaannya," ucapnya.

Muhadjir juga menjamin pelaksanaan USBN tidak akan membebani daerah. Sebab, anggaran tetap ditanggung oleh Kemdikbud. Namun, dia mengaku penyelenggaraan USBN bisa jadi akan membutuhkan anggaran yang lebih besar. Padahal sebelumnya, untuk pelaksanaan UN pemerintah telah menyiapkan dana sebesar Rp491 miliar dalam anggaran 2017.

"Anggarannya mungkin lebih besar tapi tidak akan jadi beban. Bisa mencapai Rp1 triliun tetapi itu masih biasa dihemat karena besaran tersebut diperoleh dari fungsi lain yang awalnya terpisah," tambahnya.

(sus)
breaking news x