UN Belum Mampu Mendorong Berkembangnya Siswa

Muhadji Effendi (Foto: Antara)

Muhadji Effendi (Foto: Antara)

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Efendy menjelaskan alasan moratorium Ujian Nasional (UN). Menurutnya, ujian nasional selama ini bukanlah alat pemetaan yang tepat, karena pemetaan yang baik tidak perlu dilakukan setiap tahun.

Selain itu, hasil dari UN belum bisa menjadi instrumen dalam peningkatan mutu pendidikan. UN sendiri belum mampu mendorong berkembangnya kemampuan siswa secara utuh.

Alasan lainnya, karena UN pada hakikatnya harus terkait dengan rencana studi ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk mencapai UN yang kredibel dan jauh dari kecurangan merupakan hal yang sulit, mengingat cakupan UN yang sangat luas.

Kendati dihapus, sambung Muhadjir, siswa tetap menjalani Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Pelaksanaan ujian sendiri akan diserahkan kepada daerah masing-masing.

Pelaksanaan USBN di tingkat Sekolah Dasar (SD) akan diserahkan kepada kabupaten/kota. Sementara pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan SMA/SMK dan sederajat akan diberikan kewenangan pada provinsi.

(sus)
breaking news x