Pramuka Indonesia Juara Umum di Jambore Malaysia

Foto: Ilustrasi Okezone

Foto: Ilustrasi Okezone

KUALA LUMPUR - Kontingen Gerakan Pramuka Indonesia menjadi juara umum 13th Malaysian Scout Jambore yang berlangsung di Taman Metropolitan, Batu, Kuala Lumpur, 26 November-1 Desember 2016.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur Prof Dr Ari Purbayanto di Kuala Lumpur, Jumat (2/12/2016), mengatakan, pengumuman pemenang disampaikan panitia saat penutupan jambore Kamis 1 Desember 2016.

Sebanyak 8.000 Pramuka berusia antara 13-17 tahun mengikuti kegiatan tersebut. Malaysia merupakan peserta terbanyak, disusul Indonesia dengan 1.565 peserta yang merupakan kontingen terbesar di antara negara yang diundang.

Peserta yang lainnya berasal dari negara-negara seperti Srilanka, Brunei, Kenya, Jepang, Filipina, Singapura, Bangladesh, Thailand.

Ari Purbayanto menyatakan bangga dengan prestasi Pramuka Indonesia. "Dengan layanan yang sangat terbatas, tetapi tidak mengurangi semangat mereka untuk menunjukkan prestasi, khususnya dalam pertunjukan kebudayaan," ungkap Ari.

Ari berharap Kwarnas dapat meningkatkan lagi komunikasi dan koordinasi dengan Kwarda dan Kwarcab termasuk kedepannya jika ada undangan lagi dari Pengakap (Pramuka) Malaysia agar membuat tebusan kepada KBRI.

Sementara itu, pimpinan kontingen Kak Mardhani Zuhri menyampaikan apresiasinya kepada 1.565 peserta Jambore Malaysia dari Indonesia.

"Dengan menjadi juara kita melihat fakta bahwa anak-anak Indonesia tidak hanya sekedar mampu bersaing, tapi mereka mampu jadi nomor satu," katanya.

(sus)
breaking news x