facebook pixel

Polisi Ajak Perusahaan Swasta Tekan Angka Kecelakaan di Jalan

Kecelakaan lalulintas bisa ditekan melalui program keselamatan berkendara (Okezone)

Kecelakaan lalulintas bisa ditekan melalui program keselamatan berkendara (Okezone)

JAKARTA - Jumlah sepeda motor yang beredar di jalanan Indonesia setiap hari bertambah. Sejak beberapa tahun terakhir, setiap tahun setidaknya 6 juta sepeda motor terjual atau setiap harinya 16.400 motor.

Kepala Bagian Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) Korlantas Mabes Polri, Kombes Pol Indra Gautama, mengatakan jumlah kendaraan yang kian banyak menjadi permasalahan baru bagi lalu lintas. Masalah tersebut bukan hanya soal kemacetan, tetapi juga bisa meningkatkan jumlah kecelakaan.

"Pertumbuhan kendaraan ini kan 10 persen setiap tahun. Sehingga ini menjadi permasalahan di bidang lalu lintas. Kami tidak bisa melarang orang untuk membeli motor, namun di sisi lain juga harus kuat dan punya daya tangkal agar tidak menjadi korban dan pelaku (kecelakaan)," ujar Indra.

Untuk meningkatkan kesadaran berkendara dengan aman di jalan, Indra menambahkan, diperlukan juga dukungan dari pihak swasta melalui program CSR (corporate social responsibility) yang dibuat khusus untuk keselamatan berkendara di jalan.

"Swasta yang punya perhatian terhadap keselamatan di jalan. Diharapkan bisa menggandeng pihak swasta atau agen pemegang merek (APM) kendaraan karena korporat di bidang automotif punya tanggung jawab untuk keselamatan di jalan," pungkas Indra.(mli)

(ton)