Image

Menlu Palestina: Hadiri Konferensi Damai Prancis, Indonesia Beri Garansi Keadilan

Menlu Palestina Riyad al Maliki. (Foto: Wikanto Arungbudoyo/Okezone)

Menlu Palestina Riyad al Maliki. (Foto: Wikanto Arungbudoyo/Okezone)

NUSA DUA - Prancis menginisiasi Konferensi Damai Internasional di Paris pada 21 Desember 2016 untuk memecahkan konflik Palestina - Israel. Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al Maliki senang Indonesia melalui Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi akan hadir dalam konferensi tersebut.

"Saya senang Menteri Retno datang. Kehadiran Indonesia dapat mewakili proses perdamaian Palestina yang akan menggaransi keadilan dan perdamaian," ujar Riyad al Maliki kepada awak media di sela-sela Bali Democracy Forum 2016 usai melakukan pertemuan bilateral di Nusa Dua, Bali, Kamis (8/12/2016).

Salah satu sumber masalah perdamaian antara Israel dengan Palestina adalah perumahan ilegal yang dibangun Israel di wilayah Palestina. Parlemen Israel, Knesset, bahkan baru mengesahkan RUU untuk melegalkan pembangunan perumahan ilegal di wilayah Palestina.

"Kami akan membawa masalah ini lewat resolusi ke Dewan Keamanan PBB. Kami sangat berharap mereka mau intervensi. Kami juga akan membawanya ke Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) karena ini adalah kejahatan kemanusiaan," tutur Al Maliki.

Pria berkumis itu senang dapat kembali ke Pulau Dewata serta dapat menghadiri Bali Democracy Forum 2016 di The Westin Hotel. Riyad al Maliki juga senang hadir dalam forum diskusi yang dinilainya sangat baik. Maliki mengapresiasi kesamaan pandangan yang dimilikinya dengan Menlu Retno LP Marsudi dalam upaya mempertahankan perdamaian dunia.

(rfa)
Live Streaming
Logo
breaking news x