Image

Pilgub Banten Semakin Dekat, KPU Gencar Sosialisasi ke Masyarakat

Ilustrasi

Ilustrasi

SERANG - Perhelatan Pilgub Banten 2017 semakin dekat. Pada 15 Februari mendatang bakal menjadi ajang penentuan dalam memperebutkan tampuk kepemimpinan Banten 1 untuk lima tahun ke depan.

Belajar dari angka partisipasi pada Pilkada Serentak lalu, tingkat partisipasi masyarakat dalam memilih pemimpinnya masih tergolong rendah. Tidak lebih dari 50 persen.

Dengan begitu, KPU Banten menargetkan angka partisipasi pemilih dalam Pilgub Banten kali ini sebesar 70 persen.

"Nanti kita akan melakukan keliling setiap desa, kita ke masyarakat mengajak untuk datang ke TPS pada 15 Februari untuk mencoblos," kata Ketua KPU Banten, Agus Supriyatna, saat mengisi diskusi pada Rakerwil GP Anshor Banten, Jumat (30/12/2016).

Agus mengakui, pihaknya terus berupaya dalam meningkatkan partisipasi pemilih. Menurutnya, masyarakat harus diberikan pendidikan politik agar mampu memilih pemangku amanatnya untuk lima tahun ke depan.

"Kalau di Australia, tingkat partisipasi itu tidak perlu gencar disosialisasikan, karena di sana sudah ada undang-undang yang mengatur, bahkan mewajibkan masyarakatnya untuk memilih," imbuhnya.

Dengan begitu, kata Agus, masyarakat mau tidak mau harus memilih lantaran adanya denda yang diatur dalam undang-undang apabila masyarakat tidak mau memilih.

Kendala di negeri kita, lanjut Agus, waktu libur untuk memilih dimanfaatkan oleh masyarakat justru untuk berlibur ke tempat-tempat wisata. Hal itu menjadi pekerjaan rumah bersama dalam meningkatkan partisipasi pemilih.

Sementara itu, Agus berharap masyarakat Banten bisa secara konsisten menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara. Bagaimanapun, nasib suatu daerah tergantung siapa yang memegang tampuk pimpinan sebagai pemegang amanat rakyat.

(aky)
Live Streaming
Logo
breaking news x