Si Jack, Tukang Parkir yang Dirikan Sekolah untuk Anak Kurang Mampu

Foto: BBC

Foto: BBC

JAKARTA - Tak pernah mengenyam pendidikan mendorong kuat Jack Suryaman untuk mendirikan sekolah gratis bagi anak-anak tidak mampu di sekitar rumahnya.

Meski penghasilanya sebagai tukang parkir hanya Rp50 ribu per hari, tak menyurutkan niatnya tersebut.

"Dendam waktu dulu saya ingin belajar dan ingin punya pendidikan saya tidak punya, tidak sampai pendidikan yang tinggi, anak-anak sekarang saya pengen tidak seperti saya," ujar Jack -panggilan akrabnya- kepada BBC Indonesia, belum lama ini.

Dalam menjalankan sekolah gratis ini, Jack mengaku sempat mendapat banyak cibiran dari warga sekitar.

"Dibilang ini sekolah bohongan, sekolah odong-odong. Jangan sekolah di situ, itu kan sekolahnya bohongan. Ada lagi, "ini orang miskin ngediriin sekolah, benar apa enggak," ujar Jack menirukan pembicaraan warga sekitar.

Namun hal itu tak membuatnya patah semangat, kini ia menyulap kamar tidurnya menjadi ruang kelas dan perpustakaan agar anak-anak bisa leluasa dan nyaman dalam belajar. Taman Kanak-kanak dan Taman Pendidikan Alquran yang didirikan Jack, kini sudah menampung 180 murid.

"Ya walaupun kita miskin, tapi insya Allah kalau tekadnya kuat dan Allah kasih jalan, itu kekuatan saya sampai sekarang," tuturnya.

Sekolah yang didirikan Jack sudah menggunakan kurikulum Provinsi Jawa Barat. Ia mempelajari kurikulum dari pelatihan Ikatan Guru TK Jabar. Istri Jack, Yani Novitasari yang ikut mengajar, kini sedang melanjutkan kuliah untuk gelar sarjana pendidikan.

Salah satu orangtua murid mengaku terbantu dengan adanya sekolah gratis yang didirikan Jack ini.

"Alhamdulillah sekarang bisa sekolah walaupun bapaknya ngebecak (bekerja sebagai penarik becak), mudah-mudahan sampai pintar, jadi bisa baca dan menulis," tutur orangtua Inayah.

(sus)
  • techno user Ramdhan
    Ramdhan • 7 hari lalu
    INSYA ALLAH setiap niat baik akan menemukan jalan. menetes air mata membaca cerita ini. seorang tukang parkir yang tidak mempunyai latar pendidikan,mendirikan sekolah gratis. Dia adalah tukang parkir yang mungkin secara materi masih kurang. Bagaimana
    Beri Tanggapan
Live Streaming
Logo
breaking news x