facebook pixel

Ingin Tidur Nyaman di Mobil, Lakukan Hal Ini

Beberapa hal harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk tidur di dalam mobil (ist)

Beberapa hal harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk tidur di dalam mobil (ist)

JAKARTA - Aktivitas yang padat kerap membuat pengguna mobil keleahan. Tak jarang pengguna kendaraan menjadikan kabin mobil sebagai kamar tidur sesaat.

Tidur di mobil bisa menjadi pilihan yang baik ketimbang memaksakan berkendara dalam kondisi mata yang ngantuk dan tubuh lelah. Meski demikian, terbatasnya ruang kabin membuat tidur di dalam mobil tidak senyaman di rumah.

Jika terpaksa tidur di mobil, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan pengguna kendaraan, seperti dikutip dari laman resmi Nissan Motor Indonesia:

1. Cari lokasi parkir aman

Saat hendak tidur, pastikan mobil berada di lokasi yang aman. Pilihlah lokasi parkir yang aman seperti di SPBU, mini market, masjid, atau tempat lain. Dengan posisi parkir yang aman, pengguna kendaraan bisa berisitirahat dengan hati tenang.

2. Hindari tempat rawan

Jangan sembarangan beristirahat di bahu jalan atau di pinggir jalan dengan kondisi ban menyentuh aspal bahu karena sangat berisiko. Mobil dapat ditabrak atau diserempet kendaraan lain. Hindari juga pinggir taman, hutan, dan bangunan kosong karena biasanya minim penerangan dan rawan perampokan dan pencurian.

3. Sembunyikan barang berharga

Sembunyikan barang bawaan agar tidak mengundang orang di luar mobil untuk berniat jahat. Simpanlah dompet, tas, handphone, uang, dan barang berharga lain di bawah kursi atau laci mobil. Kosongkan dasbor dari barang-barang karena bagian tersebut menjadi yang paling mudah terlihat dari luar mobil.

4. Buka jendela

Saat memutuskan untuk tidur di dalam mobil, buka jendela sedikit untuk menjaga sirkulasi udara. Buka jendela mobil tidak melebihi dua jari atau jika kaca mobil sudah dipasangi talang air jangan melebih batas talang air tersebut. Jika kaca jendela dibuka terlalu lebar bisa membuat orang untuk berbuat jahat, dan membuka pintu mobil.

5. Matikan mesin dan AC

Ada banyak kejadian pengemudi meninggal dunia akibat tertidur di mobil saat keadaan mesin dan AC menyala. Saat AC dan mesin menyala namun mobil dalam kondisi diam dengan waktu lama, yang ditakutkan adalah adanya kebocoran dari sela-sela kabin.

Ini berisiko karena membuat racun gas monoksida dari asap kendaraan masuk ke dalam. Secara tidak sadar pengemudi yang tidur menghirup gas tersebut. Maka sangat disarankan untuk mematikan mesin dan AC mobil dan membuka kaca jendela.

6. Kunci pintu mobil

Saking mengantuknya, bisa jadi pengemudi lupa mengunci pintu mobil. Pastikan mengunci semua pintu untuk keamanan diri dan meminimalisasi potensi kejahatan.

7. Atur posisi kursi

Jok mobil didesain menggunakan bahan berkualitas serta pengaturan kursi untuk posisi duduk yang proposional. Jika jok hendak digunakan untuk tidur, maka dorong jok mobil sejauh mungkin ke belakang dan rebahkan sandaran punggung sampai mendapatkan posisi paling nyaman bagi tubuh.

Perlu kembali diingat bahwa kabin mobil bukan tempat yang nyaman untuk beristirahat. Mengatur posisi kursi bisa meminimalisasi sakit badan saat bangun tidur.

8.Segarkan badan

Bila sudah selesai beristirahat, jangan langsung berkendara. Turun dan lemaskan dulu otot-otot, serta minum air putih. Bila di lokasi sekitar ada kamar mandi umum, basuh muka agar kembali segar dan siap mengemudi lagi.(mli)

(ton)
​