facebook pixel

Google "Suntik" Mobil Chrysler Pacifica dengan Teknologi Otonom

Chrysler Pacifica gunakan teknologi mobil otonom dari Google (Foto: Reuters)

Chrysler Pacifica gunakan teknologi mobil otonom dari Google (Foto: Reuters)

DETROIT - Google memperkenalkan satu lagi teknologi kendaraan otonomnya pada mobil multi purpose vehicle (MPV) Chrysler Pacifica. Mobil itu diperkenalkan di media preview ajang North American International Auto Show (NAIAS) atau biasa disebut Detroit Auto Show, Minggu 8 Januari 2017.

John Krafcik, kepala unit mobil otonom Google, Waymo, mengatakan perangkat lunak dan perangkat keras terbaru yang dikembangkan Waymo mampu meningkatkan sensitivitas radar, lidar, serta kemampuan deteksi terhadap kondisi di sekitar kendaraan. Fungsi kedua alat itu sangat penting pada mobil otonom dan sudah menjadi perangkat built in.

Temuan terbaru ini juga memangkas biaya pengeluaran perangkat keras terutama lidar yakni sebesar 90 persen atau menjadi hanya USD7.500.

Selain Chrysler Pacifica, Waymo juga tengah menguji teknologi otonom Lexus RX450 dan prototipe Firefly. Jarak total pengujian sudah mencapai 2,5 juta kilometer.

Krafcik mengatakan, Chrysler Pacifica akan menjalani pengujian bulan ini di jalan umum California dan Arizona. Namun ia tidak menyebutkan kapan teknologi otonom Waymo akan dikomersialkan.

Selain Waymo, perusahaan teknologi Delphi Automotive dan Mobileye juga berkolaborasi membuat teknologi otonom yang akan dijual ke produsen automotif pada awal 2019. Ford, General Motors, dan BMW juga akan meluncurkan mobil otonom mereka pada 2021.

(ton)
​