facebook pixel

Lima Cara Merawat Kaca Mobil agar Tetap Kinclong

Tak hanya bodi mobil, kaca juga harus mendapat perhatian dan dirawat (Icebergwindows)

Tak hanya bodi mobil, kaca juga harus mendapat perhatian dan dirawat (Icebergwindows)

JAKARTA - Dalam menjaga tampilan eksterior kendaraan, tak hanya bagian bodi yang perlu mendapat perhatian, kaca juga harus dirawat. Pasalnya, lapisan bening tersebut berpengaruh besar terhadap daya visual pengemudi.

Penampilan mobil lebih menarik jika kaca mobil di semua sisi terlihat jernih dan tanpa adanya goresan sedikit pun. Dalam perawatan kaca mobil, ada yang dapat ditangani sendiri oleh pemilik kendaraan, namun ada juga cara yang harus ditangani oleh tenaga ahli.

Berikut enam langkah perawatan kaca mobil seperti dinukil dari Astraworld:

1. Menjaga kaca film dari goresan

Lapisan film dipasang di bagian dalam kaca mobil, namun bukan berarti tidak bisa tergores. Kaca bagian dalam cukup rentan terhadap goresan dari benda lain. Untuk itu, cermati ketika akan memasukkan atau menaruh barang di dalam mobil agar tidak membuat goresan pada lapisan film.

2. Menjaga kebersihan kaca

Bidang kaca mobil yang cukup luas akan mudah terkena kotoran, semisal dari hujan, cipratan kendaraan lain saat hujan, debu, kotoran hewan, hingga getah pohon atau kotoran lainnya. Jika ada noda di kaca segera bersihkan. Jika noda di kaca terlalu lama didiamkan tentu akan semakin sulit dibersihkan.

3. Membersihkan dan mengeringkan kaca dengan lap yang bersih

Saat membersihkan kaca, lakukan dengan lap yang lembut dan pastikan kondisi kaca tidak kering. Gunanya agar kaca tidak rentan tergores. Selain itu, lap yang digunakan juga dipastikan dalam kondisi bersih.

Jangan pernah membersihkan kaca dengan lap yang biasa dipakai untuk mencuci bagian bodi. Biasanya masih ada sisa shampoo atau zat kimia lainnya pada kaca.

4. Keringkan kaca

Sebisa mungkin langsung bersihkan dan keringkan kaca setelah mobil terkena hujan atau setelah dicuci untuk mencegah jamur menempel di permukaan kaca. Jika sudah begini, maka solusi terbaik adalah dengan memolesnya menggunakan obat penghilang jamur. Namun kegiatan ini juga tidak boleh terlelu sering untuk mencegah permukaan kaca menipis.

5. Ganti karet wiper jika sudah mengeras

Tanda karet wiper mengeras adalah meninggalkan bekas goresan pada kaca dan tidak maksimal saat menyapu air di kaca. Jika kondisi seperti ini didiamkan terlalu lama, akan menggores kaca secara permanen.(mli)

(ton)
​