Sekelompok Arkeolog Italia Tak Sengaja Temukan Jam Matahari Kuno

Foto Kota Gela yang menjadi lokasi penemuan jam matahari kuno di Italia (Foto: Flickr)

Foto Kota Gela yang menjadi lokasi penemuan jam matahari kuno di Italia (Foto: Flickr)

GELA – Sekelompok arkeolog amatir Italia tak sengaja menemukan sebuah situs bersejarah di Kota Gela. Dilaporkan, situs bersejarah itu dipastikan sebagai jam matahari kuno yang berasal dari era prasejarah.

Penemuan para arkeolog ini sudah didukung oleh para ahli yang ranah spesialisasinya di prasejarah. Mereka menemukan jam matahari kuno yang bentuknya seperti Stonehenge tersebut ketika sedang melakukan survey bungker Perang Dunia II di Sicily.

“Membuat penemuan arkeologi sendiri merupakan event penting, tetapi menjadi bagian dari salah satu penemuan paling sensasional dalam beberapa tahun terakhir telah membuat saya bangga,” ujar Giuseppe La Spina, sebagaimana dikutip dari The Local, Senin (9/1/2017).

Independent mewartakan para ahli memperkirakan jam matahari kuno tersebut berasal dari tahun 6.000 hingga 3.000 Sebelum Masehi. Bahkan untuk memastikannya, para ahli menggunakan drone khusus serta kamera dan kompas demi mengecek apakah jam matahari itu masih berfungsi. Dilaporkan, jam matahari kuno itu masih secara akurat menentukan musim-musim.

(emj)
Live Streaming
Logo
breaking news x