Seperti Firasat, Seorang Remaja Ingin Menjadi Pendonor Organ Sebelum Tewas Tertabrak

Seragam serta Tongkat Hoki yang Dikenakan Rhys Semasa Hidup. (Foto: Mirror)

Seragam serta Tongkat Hoki yang Dikenakan Rhys Semasa Hidup. (Foto: Mirror)

SEORANG remaja bernama Rhys Rubery (16) harus kehilangan nyawanya dengan mengenaskan setelah tertabrak sepeda motor. Rhys tengah dalam perjalanan pulang ke rumahnya setelah merayakan berakhirnya ujian bersama teman-temannya ketika sebuah sepeda motor menghantam tubuhnya dengan keras.

Sebagaimana dikutip dari Mirror, Senin (9/1/2017), orangtua Rhys mengatakan bahwa organ tubuh anaknya telah disumbangkan bagi mereka yang membutuhkan. Orangtua Rhys, Joanne (47) dan Jonathan Rubery (45), menceritakan bagaimana bagian tubuh anak mereka menyelamatkan beberapa orang yang berada di ambang kematian.

"Saat ia masih hidup, aku pernah mengobrol tentang donor organ. Rhys senang bermain hoki bersamaku dan kami juga sering menonton pertandingan bersama. Kami juga sering mendengarkan radio bersama dan suatu saat ada pembicaraan tentang pendonor organ tubuh. Setelah itu, Rhys mengatakan jika ia ingin menjadi seorang pendonor. Dan aku menjawab, tidak ada orang yang akan mau menerima donor tubuhnya. Tapi ia bersikeras. Ini adalah hal yang sangat sulit bagi kami," ujar Jonathan dengan sedih.

 

Rhys Rubery (Foto: Mirror)

Jonathan menambahkan, obrolan tentang donor organ tersebut terjadi hanya sebulan sebelum Rhys mengalami kecelakaan yang membuatnya kehilangan nyawa.

Sementara itu, ratusan orang baik keluarga maupun teman-temannya menghadiri peringatan kematian Rhys di sekolah Rhys, Ysgol Llanhari, pada Minggu 8 Januari sore waktu setempat. Mereka yang hadir membawa balon berwarna biru berbentuk hati untuk mengenang salah satu pemain hoki sekolah.

Peringatan Kematian Rhys (Foto: Mirror)

Peringatan tersebut digelar setelah enam bulan pasca-Rhys meninggal. Acara peringatan tersebut sekaligus sebagai acara peresmian atau pembukaan kelas terbuka yang dibangun di sekolah Rhys. Kelas di luar ruangan tersebut juga diberi nama 'Rhys' sebagai wujud untuk mengenang sosok Rhys yang berprestasi dari pihak sekolah.

"Kami tidak memaksa seseorang untuk mengingatnya. Karena ku rasa semua orang yang pernah bertemu Rhys tak akan mudah melupakannya. Ini adalah kemauannya untuk membuat hidup orang lain menjadi lebih baik sebagai bagian dari warisan Rhys," tutup ibu Rhys. (rav)

(rfa)
Live Streaming
Logo
breaking news x