facebook pixel

Kendarai Mobil Klasik Bugatti Seharga Rp3 M tapi Serasa Rp35 M

Bugatti Type 35 buatan Pur Sang (Bloomberg)

Bugatti Type 35 buatan Pur Sang (Bloomberg)

BUENOS AIRES - Kalangan kolektor mobil klasik pasti kenal dengan Bugatti Type 35. Mobil yang dibuat untuk turun di ajang balap di masanya itu masih eksis sampai sekarang, namun sangat langka.

Mobil tanpa atap tersebut pernah dilelang dan terjual dengan harga mencapai USD2,6 juta atau sekira Rp35 miliar.

Namun para penggemar Bugatti tidak perlu khawatir jika ingin mendapatkan mobil tersebut karena sebuah perusahaan di Argentina melayani pembuatan replika Bugatti Type 35. Perusahaan bernama Pur Sang itu sudah dikenal sejak lama membuat mobil-mobil klasik replika.

Bahkan, Pur Sang bisa membuat lebih dari 20 Bugatti Type 35 setiap tahun. Per unitnya dijual USD250 ribu (sekira Rp3,3 miliar) atau sekira sepersepuluh dari harga lelang.

Pelanggan tak perlu khawatir karena Pur Sang membuat Bugatti Type 35 seperti aslinya. Bagian detail eksterior hingga interior tak luput dari perhatian para pekerja Pur Sang.

Bahkan mesin dan sistem transmisi manual empat percepatan pun dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Hanya saja, ada tambahan kipas untuk menghindari overheat mesin.

Selain itu bagian roda sudah menggunakan ban modern yang aman digunakan di jalanan saat ini. Material bodi dan interior juga tidak dibuat menggunakan bahan yang sama seperti aslinya.

Interior sangat minimalis menyesuaikan desain mobil, dindingnya dibuat menggunakan logam tipis. Selebihnya, pedal gas, rem, dan kopling dibuat seperti asli.

"Supercar pertama adalah Bugatti Type 35," kata Manajer Pemasaran Pur Sang, John Mothwell, seperti dikutip dari Bloomberg.

Seluruh komponen kendaraan dibuat menggunakan tangan oleh para pengerajin Argentina dengan cara tradisional, tidak ada bagian yang diimpor.

Sekadar diketahui dalam lelang beberapa tahun lalu, Bugatti Type 35 Gran Prix model 1925 terjual dengan harga USD2,5 juta, Type 35B model 1930 dilepas dengan harga USD638 ribu, dan Type 35B model 1928 terjual USD3,08 juta.

(ton)
​