facebook pixel

Dimana Sebaiknya Menaruh Perlengkapan P3K di Mobil?

(Ilustrasi, Goliath)

(Ilustrasi, Goliath)

JAKARTA – Peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) kerap diabaikan oleh pemilik mobil. Padahal perannya sangat vital sebagai "penyambung hidup" jika terjadi kondisi darurat atau kecelakaan.

Saat ini sangat mudah mendapatkan peralatan P3K. Banyak toko kesehatan yang menyediakannya. Namun hal yang harus diperhatikan adalah, pastikan peralatan isi peralatan P3K sudah memenuhi standar yang berlaku.

Tempat meletakkan kotak P3K pun tidak bisa sembarangan. Hal ini untuk memastikan bahwa kualitasnya tetap terjaga saat digunakan. Apalagi, jangan sampai peralatan atau obat-obatannya sudah kedaluwarsa dan baru diketahui saat dibutuhkan.

Tempat penyimpanan pun perlu diperhatikan. Menurut badan sertifikasi kendaraan Dekra, kotak P3k harus ditempatkan di bagian mobil yang terlindung dari kotoran, bahan kimia, minyak oli, dan bahan bakar.

Selain itu, Dekra menyarankan agar kotak P3K ditempatkan di tempat yang mudah diakses dalam kondisi darurat. Direkomendasikan kotak P3K diletakkan di bawah jok pengemudi atau di bawah bangku penumpang depan, bukan dijadikan satu di tempat ban serep atau bagasi.

Sementara itu untuk menjaga kualitasinya, peralatan P3K harus diganti setidaknya sekali dalam lima tahun. Alasannya peralatan itu mungkin saja sudah tidak steril lagi. Apalagi, faktor eksternal seperti debu, cahaya matahari, dan panas yang dihasilkan dari kendaraan bisa saja memengaruhi kualitasnya.

(ton)