Image

Laporan Penistaan Agama Ahok Keputusan Resmi Organisasi Pemuda Muhammadiyah

Terdakwa kasus dugaan penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok saat menjalani sidang di Audotorium Kementan. Foto Hendra A/Antara

Terdakwa kasus dugaan penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok saat menjalani sidang di Audotorium Kementan. Foto Hendra A/Antara

JAKARTA – Sekjen Pemuda Muhammadiyah, Pedri Kasman, menegaskan bahwa pihaknya melaporkan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok atas kasus dugaan penistaan agama berdasarkan keputusan resmi organisasi. Hal itu dilakukan setelah menyaksikan video Ahok di Kepulauan Seribu dalam sebuah grup WhatsApp yang beranggotakan 60 orang.

"Setelah menonton, kami berdiskusi. Benar itu Ahok sudah menistakan agama Islam," kata Pedri usai menjadi saksi kepada awak media di Kementan, Jakarta Selatan, Selasa (10/01/2017).

Pedri juga menyampaikan, laporan tersebut sudah diketahui dan disetujui oleh Ketua PP Muhammadiyah, Daniel Azhar Simanjutak dan akan melaporkan dugaan penistaan agama Islam mengatasnamakan angkatan Muda Muhammadiyah yang menaungi tiga organisasi resmi Muhammadiyah.

"Mewakili Angkatan Muda Muhammadiyah, dalam hal ini ada Pemuda Muhammadiyah, Mahasiswa Muhammadiyah, dan ada Ikatan Pelajar Muhammadiyah. Itu keputusan organisasi dan ada surat kuasa hukumnya dan saya serahkan kepada hakim," imbuhnya.

Tidak hanya itu, dia juga menegaskan, laporannya itu juga juga mendapatkan dukungan langsung dari Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah. Sehingga, lanjutnya, pertanyaan kuasa hukum Ahok tentang konsultasi dengan Muhammadiyah sebagai organisasi induk sudah tidak penting.

"Pemuda Muhammadiyah dan Angkatan Muda Muhammadiyah itu organisasi otonom Muhammadiyah. Apa yang menjadi kebijakan mereka, diputuskan oleh mereka masing-masing, tidak perlu ke PP Muhammadiyah. Dan setelah kami melapor tidak ada teguran dari PP Muhammadiyah bahkan PP Muhammadiyah mendukung," jelas Pedri.

Mendengar hal itu pihak salah satu penasihat hukum Ahok, Sirra Prayuna, menanyakan perihal durasi video yang ditonton oleh Pedri dan seluruh anggota grup WhatssApp itu.

"Jadi Anda bersama seluruh anggota grup menonton yang hanya berdurasi 13 detik atau yang full 1 jam 40 menit?" kata Sirra.

Dalam persidangan tersebut Pedri mengaku bahwa dirinya telah menonton video tersebut secara keseluruhan. Dan dia tetap menyimpulkan bahwa Ahok telah menghina agama Islam melalui pidatonya tersebut.

 

(fzy)
Live Streaming
Logo
breaking news x