Ketua KPU Banten: Surat Suara Dicetak 800 Ribu per Hari

Ilustrasi (Okezone)

Ilustrasi (Okezone)

SERANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten mulai mencetak surat suara untuk Pilgub Banten 2017. Rencananya, surat suara mulai dicetak pada Rabu 11 Januari 2017.

Ketua KPU Banten Agus Supriyatna menyatakan, perusahaan yang memenangi tender pencetakan yakni PT Dian Rakyat, yang berlokasi di Polugadung, Jakarta Timur. Perusahaan tersebut hasil dari lelang terbuka melalui website resmi yang telah dilakukan oleh KPU.

"Mulai tanggal 11 Januari sampai dengan tanggal 23 Januari proses pencetakan surat suara. Selama proses pencetakan itu, mereka sanggup setiap harinya 800 ribu surat suara yang dicetak," kata Agus di Serang, Selasa (10/1/2017).

Seiring berjalannya proses pencetakan, mulai Sabtu 14 Januari 2017, KPU akan mendistribusikan surat suara ke setiap kabupaten/kota yang ada di Banten.

Untuk pendistribusian pertama, KPU akan menyalurkan surat suara ke Kabupaten Tangerang. Hal itu didasari atas banyaknya jumlah daftar pemilih di wilayah tersebut.

"Nanti akan disortir dan dilipat oleh petugas kita di kabupaten/kota, kemudian dicek apakah ada yang cacat atau tidak," kata Agus.

KPU Banten menargetkan pada 24 Januari mendatang, pendistribusian surat suara di kabupaten/kota akan rampung. Penyelesaian pencetakan tepat waktu ini juga sudah disanggupi oleh pihak perusahaan pemenang tender.

(fas)
Live Streaming
Logo
breaking news x