facebook pixel

Kenali Risiko Menambahkan Minyak Rem Beda Merek

Ilustrasi menambahkan minyak rem (Yourmechanic)

Ilustrasi menambahkan minyak rem (Yourmechanic)

JAKARTA - Menambahkan minyak rem beda merek terkadang dianggap sepele oleh pemilik mobil, bahkan dianggap penambahan beberapa Cc minyak rem bukan perkara besar.

Sayangnya, tidak banyak diketahui adanya risiko yang bisa timbul, jika pemilik kendaraan menambahkan minyak rem beda merek. Karena setiap minyak rem yang di produksi beda produsen tentu memiliki campuran zat aditif yang berbeda-beda.

Kondisi itulah yang bisa menyebabkan adanya risiko, dimana antara zat aditif yang terdapat pada minyak rem lama tidak bisa menyatu dengan zat aditif dari minyak rem yang ditambahkan.

Mengutip dari Carintrend, secara kimia zat aditif yang berbeda tidak akan kompatibel saat digunakan. Bahkan campuran dua aditif yang berbeda itu justru akan menimbulkan endapan yang terakumulasi dalam tangki penyimpanan minyak rem.

Endapan tersebut juga bisa terjadi di seluruh sistem perangkat rem, dimana pada beberapa bagian perangkat rem bisa terjadi penyumbatan yang akibatkan sistem tekanan minyak rem dan kinerja sistem pengereman tidak akan bekerja maksimal.

(ton)
​