facebook pixel

Mobil Sedan Bertenaga Listrik dari Infiniti Segera Menjadi Kenyataan

Infiniti Emerge-e Concept (Motor1)

Infiniti Emerge-e Concept (Motor1)

DETROIT - Infiniti berencana untuk membangun sebuah mobil bertenaga listrik. Hasilnya, terciptalah dua mobil listrik konsep yaitu sedan empat pintu LE dan sedan sport Emerg-e, keduanya diperkenalkan pada 2012. Dengan adanya kedua model tersebut, artinya Infiniti mulai membuka jalan untuk bermain di ranah kendaraan ramah lingkungan.

Diberitakan Motor1, Rabu (11/1/2017), sekarang Infiniti tengah menentukan kapan mobil mulai diproduksi, setidaknya salah satu dari kedua model tersebut. Perusahaan automotif asal Jepang yang merupakan divisi mewah dari Nissan Motor Co, rencananya akan meluncurkan mobil bertenaga listrik pada 2020.

Perusahaan akan menggunakan platform terbaru dan akan berbagi teknologi baterai dengan Nissan. "Kami ingin pemilik Infiniti merasakan pengalaman berkendara yang unik," kata CEO Infiniti, Roland Krueger.

Krueger belum mau membocorkan di antara kedua model tersebut mana mobil listrik yang akan diluncurkan terlebih dahulu. Namun, ia mengakui keduanya akan menggunakan platform baru dan akan menjadi turunan dari model yang ada saat ini.

Dia juga menyatakan Nissan memiliki banyak ahli dalam bidang kendaraan bertenaga listrik. "Ada banyak kompetensi teknik yang dapat kami manfaatkan." tambah dia.

Pada saat diperkenalkan dalam bentuk konsep, sedan LE menggunakan motor listrik yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 134 hp dengan torsi 240 lb ft. Sumber tenaga berasal dari baterai lithium-ion 24 kWh.

Infiniti membidik China sebagai pasar utama dalam menjual mobil listriknya itu.

"Ketika saya berpikir tentang electric vehicle (EV), pasti kami merancang untuk China, bahkan sebagai pasar pertama yang akan kedatangan mobil listrik. Kami sedang mendiskusikan ini secara internal dan terus-menerus. Kami tengah mencari waktu yang tepat untuk Infiniti memiliki kendaraan tersebut," terang Krueger.

Di China, Infiniti tidak sendiri. Beberapa merek premium juga yang membidik China untuk mendongkrak penjualan mobil listrik, salah satunya Mercedes Benz. (san)

(ton)