facebook pixel

Sepeda Motor Masa Depan dalam Bayangan BMW

Sepeda motor listrik konsep BMW Motorrad (Motorcycle.com)

Sepeda motor listrik konsep BMW Motorrad (Motorcycle.com)

MUNICH - BMW Motorrad merupakan salah satu pemain kendaraan roda dua premium yang perolehan penjualannya terus menanjak. Penjualan sepeda motor BMW di seluruh dunia pada 2015 mencapai 137 ribu unit. Pada 2020, BMW menargetkan penjualannya sudah menyentuh 200 ribu unit.

Pada 2015, BMW Motorrad merupakan pemimpin pasar segmen premium di 27 negara, melonjak drastis dari hanya 13 negara pada 2013.

Anggota dewan manajemen BMW AG yang bertanggung jawab terhadap BMW Motorrad, Peter Schwartzenbaue, mengatakan untuk mencapai target itu pihaknya harus benar-benar memahami selera pasar. Dengan begitu produk-produk BMW Motorrad akan diserap pasar.

Menurut dia, kendaraan bertenaga listrik akan menjadi tren ke depannya. Untuk itu, BMW akan menguatkan produknya yang ada yakni skuter besar C Evolution.

Namun sejauh ini BMW belum berencana membuat sepeda motor listrik, meski model konsepnya sudah dipamerkan pada 2015.

"Kami sudah punya satu model skuter listrik. Kalau sepeda motor, saya tidak yakin akan datang dalam waktu dekat. Kami sudah membuat prototipe, sepeda motor murni bertenaga listrik. Tapi kami tidak yakin saat ini merupakan waktu yang tepat untuk produk seperti ini. Saat ini kami masih konsetrasi mengembangkan lebih banyak skuter bertenaga listrik," kata Schwartzenbaue, seperti dikutip dari Motorcycle.com.

Soal maraknya penggunaan teknologi otonom pada kendaraan, Schwartzenbaue yakin suatu saat teknologi itu akan digunakan pada sepeda motor. Namun hal itu tidak akan terealisasi dalam waktu dekat.

"Saya tidak tahu pasti untuk saat ini, tapi 10 tahun mendatang sangat mungkin. Kita akan melihat (teknologi otonom) akan menjadi fitur standar pada sepeda motor," imbuhnya.

Schwartzenbaue juga yakin perkembangan teknologi pada sepeda motor ke depannya akan membuat kuda besi itu semakin aman. Karena itu, ia memprediksi tingkat penggunaan sepeda motor ke depannya akan lebih banyak lagi.

"Jika kami mampu menghadirkan sepeda motor yang aman, Anda tidak akan perlu lagi menggunakan helm dan tidak perlu mengenakan pakaian safety. Anda bisa menaikinya tanpa perlu khawatir mengalami kecelakaan, maka saya kira akan ada lebih banyak orang menggunakan sepeda motor dibandingkan dengan saat ini. Itu sebuah tujuan pokok, mengendarai motor tanpa perlu khawatir mengalami kecelakaan," pungkasnya.

(ton)
​