facebook pixel

Cara Identifikasi Minyak Rem dari Warnanya

Ilustrasi minyak rem (foto:Autobytel)

Ilustrasi minyak rem (foto:Autobytel)

JAKARTA – Mengganti minyak rem mobil bisa diketahui dari batasan pemakaian melalui jarak kilometernya. Namun cara mudahnya bisa dilakukan melalui perubahan warna minyak rem.

Biasanya minyak rem baru memiliki warna kuning muda atau merah untuk jenis mineral. Jika warna tersebut sudah tidak seperti barunya atau pekat dipastikan minyak rem mobil sudah harus diganti.

Seperti dikutip dari Carintrends, Kamis (12/1/2017), terjadinya perubahan warna minyak rem mobil sendiri akibat terjadinya ketidakseimbangan zat aditif yang terkandung pada minyak rem. Sehingga, semakin lama perubahan warna terjadi dengan sendirinya.

Jika dalam kondisi tersebut minyak rem mobil tidak segera diganti dan dikuras maka bisa menyebabkan kerusakan pada piston rem. Hal itu akibat munculnya sedimen dari perubahan warna pada minyak rem tersebut.

Oleh karena itu, jangan pernah anggap sepele setiap perangkat yang terdapat pada mobil, terlebih minyak rem yang hingga kini terkadang masih kurang mendapat perhatian dan perawatan.

(ton)