Perkuat Demokrasi, Gerindra Setujui Presidential Threshold 0%

JAKARTA - Partai Gerindra setuju dengan adanya usulan jumlah ambang batas pengajuan calon presiden (presidential threshold) sebesar 0 persen pada Pemilu Presiden 2019. Hal ini akan diajukannya dalam rapat Panitia Khusus (Pansus) RUU Penyelenggaraan Pemilu.

Ketua DPP Partai Gerindra, Riza Patria mengungkapkan dengan presidential threshold 0% akan menebarkan semangat demokrasi di Indonesia. Semangat itu akan terlihat saat semua partai politik baik itu yang baru muncul bisa mengajukan kader terbaiknya dalam Pilpres.

"Kita ingin memberikan kesempatan kepada semua partai untuk mencalonkan kader terbaiknya, tidak hanya pada Pileg dan pilkada tapi juga pada Pilpres," ujar Riza di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (11/1/2017).

Riza yang juga Wakil Ketua Komisi II itu menuturkan komitmen memperkuat demokrasi salah satunya melalui parpol. Parpol pun harus siap menyiapkan kader-kader terbaiknya termasuk untuk dimajukan sebagai pimpinan nasional seperti presiden dan wakil presiden.

"Kita ingin bahwa semua partai punya kesmepatan yang sama untuk dapat mengusung presiden dan wakil presiden," tandasnya. (sym)

(ulu)
Live Streaming
Logo
breaking news x