Daftar Gelar Sarjana yang Digaji Fantastis (Part I)

Foto: Shutterstock

Foto: Shutterstock

JAKARTA - Passion menjadi acuan seseorang dalam memilih jurusan ketika kuliah. Hal ini dilakukan agar setelah lulus nanti mereka bisa berkarier di bidang yang diminati.

Selain passion, ternyata jumlah gaji juga menjadi pertimbangan dalam menentukan profesi. Disitat dari Cheat Sheet, berikut ini tujuh gelar sarjana yang mampu mendapat gaji lebih dari USD60 ribu atau senilai Rp798 juta berdasarkan peneliti Glassdoor.

Teknik Sipil

Pekerjaan sarjana teknik sipil, mencakup perancangan, pembangunan, dan pemeliharaan proyek-proyek konstruksi, baik di sektor publik maupun swasta. Mereka lebih dikenal sebagai seorang insinyur. Adapun gaji yang diterima mencapai USD61.500 atau Rp818 juta.

Teknik Informasi

Bidang teknologi informasi terdiri dari beberapa spesialisasi, seperti pemrograman komputer, ilmu komputer, dan administrasi database. Berbagai bidang tersebut kini sedang banyak dicari, baik untuk analis, teknisi, hingga systems engineer. Gaji sarjana teknik informasi bisa mencapai USD64.008 atau Rp852 juta.

Teknik Industri

Beberapa pekerjaan lulusan teknik industri, di antaranya insinyur industri, quality engineer, dan perencana produksi. Tugas-tugas bidang teknik industri adalah mencari sistem atau metode untuk memaksimalkan proses produksi, termasuk mengeliminasi limbah. Gaji yang diterima lulusan ini bisa senilai USD64.381 atau Rp857 juta.

Teknik Kimia

Rata-rata gaji pokok lulusan teknik kimia bisa mencapai USD65 ribu atau Rp865 juta. Setelah menjadi insinyur atau ahli kimia, mereka bertugas untuk menyelesaikan masalah produksi dalam pembuatan obat, makanan, bahan kimia, dan produk lainnya. Para lulusan juga dituntut bisa menghubungkan cabang ilmu lainnya, seperti biologi, matematika, dan fisika dalam proses penyelesaian tersebut.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x