facebook pixel

Bugatti Veyron Kalah Telak oleh Mobil Listrik di Sirkuit Balap

Hypercar Rymac Concept-One (foto: Carscoops)

Hypercar Rymac Concept-One (foto: Carscoops)

ZAGREB - Produsen mobil listrik asal Kroasia, Rimac, melakukan pembuktian kehebatan produk mobil listriknya bernama Concept-One di lintasan sirkuit. Tak tanggung-tanggung Bugati Veyron menjadi pembandingnya.

Dari hasil pengujian, terlihat tenaga besar Veyron memang tidak banyak menunjang di lintasan sirkuit karakter pendek. Sedangkan Concept-One memiliki kelincahan saat melibas setiap lintasan tikungan.

Terlebih, produsen Bugatti memang tidak merancang hypercar Veyron untuk melibas lintasan sirkuit pendek. Mobil tersebut gahar di lintasan trek lurus yang panjang, serta seluruh tenaga mesin W16 berkapasits 8,0 liter mampu meletupkan tenaga mencapai 1.200 hp. Demikian seperti dikutip dari Carscoops, Kamis (12/1/2017).

Meski Rimac tidak merilis besaran tenaga hypercar listriknya, namun di atas lintasan sirkuit terbukti Concept-One lebih unggul dibanding Bugatti Veyron. Namun keunggulan tersebut akan berubah saat mobil listrik ini bertarung di tengah lintasan trek lurus dengan Veyron.

Rimac Concept One sendiri merupakan hypercar yang digerakkan oleh motor listrik yang dibantu oleh baterai lithium-ion Phosphate dengan daya 82 kWh. Motor listrik tersebut mampu mengeluarkan tenaga setara 1.088 hp dengan torsi puncak 1.600 nm. Akselerasi dari 0-100 km/jam dicapai dalam 2,6 detik.

(ton)
​