Jepang Selamatkan 26 Warga Korut dari Kapal Kargo yang Karam

Kapal kargo Chong Gen yang karam (Foto: Istimewa)

Kapal kargo Chong Gen yang karam (Foto: Istimewa)

NAGASAKI – Pihak Japan Coast Guard mengatakan telah menyelamatkan 26 warga Korea Utara (Korut) dari kapal kargo yang karam. Kapal kargo tersebut tenggelam di wilayah Laut China Timur.

Usaha penyelamatan itu diawali ketika coast guard mendapat sinyal darurat pada Rabu 11 Januari 2017 dari kapal bernama Chong Gen yang berbobot 6.558 ton.

Sebagaimana dikutip dari AFP, Kamis (12/1/2017), juru bicara Japan Coast Guard mengatakan, ketika sinyal itu dikirim, kapal kargo sudah mulai tenggelam di perairan yang berlokasi 60 kilometer dari Pulau Fukue di Prefektur Nagasaki.

Kapal tersebut akhirnya tenggelam sepenuhnya sebelum matahari terbit di perairan yang berjarak 27 kilometer dari pulau tersebut. Kapal patroli Japan Coast Guard berhasil menyelamatkan semua anak buah kapal (ABK) kargo itu pada Kamis 12 Januari 2016 dini hari waktu setempat usai mereka meninggalkan Chong Gen menggunakan sekoci.

“Kami menyelamatkan semua ABK secara aman dan tidak ada yang terluka. Kami saat ini menyelidiki penyebab kecelakaan tersebut,” ujar juru bicara Japan Coast Guard.

Pihak coast guard menambahkan, para ABK tersebut mengklaim mereka tengah membawa beras dari Pelabuhan Korut di Nampo menuju Kota Wonsan.

(emj)
Live Streaming
Logo
breaking news x