PM Jepang Jadi Kepala Negara Pertama yang Kunjungi Filipina

Foto Abe disambut Menteri Luar Negeri Filipina Perfecto Yasay di Manila (Foto: Reuters)

Foto Abe disambut Menteri Luar Negeri Filipina Perfecto Yasay di Manila (Foto: Reuters)

MANILA – Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe dilaporkan telah tiba di Filipina pada Kamis 12 Januari 2017. Dalam kunjungannya selama dua hari itu, Abe akan berusaha menguatkan kerjasama ekonomi Jepang di Filipina.

Kunjungan Abe ini merupakan kehadiran kepala negara pertama ke Filipina semenjak Presiden Rodrigo Duterte memimpin negara tersebut. Pasalnya, semenjak dipimpin Duterte, sudah banyak yang berubah di Filipina.

Akhir-akhir ini hubungan Amerika Serikat-Filipina semakin meregang dengan kebijakan Duterte yang cenderung menjauhi Negeri Paman Sam dan cenderung mendekati China. Keputusan Duterte ini membuat Jepang dalam posisi yang sulit karena AS merupakan sekutu terdekat Negeri Sakura.

Sebagaimana dikutip dari Reuters, Kamis (12/1/2017), ketika tiba di Filipina, Abe langsung bertemu Duterte di istana kepresidenan yang berlokasi di Manila. Usai dari Manila, bila sesuai jadwal, maka pada Jumat 13 Januari 2017, Abe dan Istrinya akan mengunjungi rumah keluarga Duterte di Davao.

“Saya memilih Filipina sebagai tujuan pertama tahun ini dan itu menjadi bukti penekanan utama saya pada hubungan bilateral kami (Jepang-Filipina). Saya berkomitmen mengangkat hubungan bilateral kami ke tempat yang lebih tinggi,” tutur Abe dalam pidatonya di pertemuan dengan Duterte.

Reuters juga mewartakan perwakilan dari 20 perusahaan Jepang akan bergabung dengan Abe di Davao dalam sebuah pertemuan dengan berbagai perusahaan Filipina.

(emj)
Live Streaming
Logo
breaking news x