'Gus Dur Adalah Aktivis' Refleksi Kondisi Politik Tanah Air

Gus Dur (Foto: Okezone)

Gus Dur (Foto: Okezone)

JAKARTA - MMD Initiative menggelar acara peringatan haul ke-7 wafatnya Presiden ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Kantor MMD Initiative Jalan Dempo, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (11/1/2017).

Direktur MMD Initiative Mahfud MD menjelaskan, acara yang dikemas dengan serasehan tersebut mengangkat tema diskusi 'Gus Dur Adalah Aktivis'. Tema itu sengaja diambil karena menyesuaikan pada situasi nasional yang sempat dihebohkan dengan ketegangan politik.

"Sangat tepat saat ini kita mengenang Gus Dur dalam haul hari wafatnya Gus Dur ke-7 ini. Nah, kenapa saya katakan ini penting karena situasi kebangsaan kita sangat rentan konflik. Sehingga malam ini mengambil topik Gus Dur sebagai aktivis," ujar Mahfud MD.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu juga menyampaikan Gus Dur merupakan sosok yang sangat dirindukan kehadirannya saat ini. Apalagi dengan berbagai karakter dan kelebihannya untuk memahami persoalan dan masalah bangsa.

"Misalnya, Gus Dur sebagai seorang humoris, Gus Dur dilihat dari sisi sebagai orang yang memiliki hubungan dengan alam ghaib dan lain-lain," ungkapnya

Dalam acara tersebut turut hadir istri mendiang Gus Dur, Sinta Nuriyah. Selain itu, Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan, pengamat politik CSIS J Kristiadi, mantan Menteri Sekretaris Negara Bondan Gunawan, mantan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Ali Masykur Musa, mantan Menteri luar Negeri Alwi Shihab dan sejumlah tokoh nasional dan pimpinan agama lainnya.

(Ari)
Live Streaming
Logo
breaking news x