Jokowi Perintahkan TNI Perhatikan Perubahan Paradigma Pembangunan Nasional

(Dok. Okezone)

(Dok. Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memrintahkan Tentara Nasional Indonesia (TNI) memperhatikan adanya perubahan paradigma pembangunan nasional yang telah dilakukan pemerintah dalam dua tahun terakhir.

Pasalnya, saat ini pembangunan tidak lagi bersifat Jawasentris lantaran pembangunan telah dimulai dari kawasan pinggiran dan perbatasan Indonesia.

"Dan saya minta pasukan TNI juga memperhatikan perubahan dari paradigma pembangunan nasional kita dengan tidak lagi bersifat Jawasentris, tapi Indonesiasentris dalam dua tahun terakhir," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas (Ratas) di kantornya, Kamis (12/1/2017).

Pemerintah, sambung Jokowi, akan fokus dalam melakukan pembangunan kawasan pinggiran dan perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). ‎"Kita ingin pembangunan lebih merata sehingga kesenjangan antar-wilayah ‎terutama kawasan Barat dan Timur di Indonesia," jelas Jokowi.

Jokowi menyakini bahwa kawasan pinggiran dan perbatasan NKRI akan menjadi sentra pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Oleh sebab itu, pemerintah akan fokus dalam membangun kawasan yang dinilai masih tertinggal dari kota lainnya tersebut.

‎"Saya yakin pemerataan pembangunan wilayah maka daerah-daerah pingiran seperti Natuna di barat, Kepuluan Niangas di Utara dan Maurke di Timur sampai Pulau Rote di sekitarnya sampai Selatan akan tumbuh menjadi sentra ekonomi baru dan sentra-sentra pertumbuhan ekonomi," tandasnya.

(aky)
Live Streaming
Logo
breaking news x