Tunjangan Sertifikasi Guru Sragen Rp239 Miliar

Ilustrasi

Ilustrasi

SRAGEN - Tunjangan serifikasi guru di Kabupaten Sragen tahun 2017 menelan anggaran sebesar Rp239 miliar. Angka sebesar itu diproyeksikan untuk membayar tunjangan sertifikasi para guru TK, Sekolah Luar Biasa (SLB) hingga SMP. Sedangkan untuk guru SMA/SMK sudah diambialih Pemprov Jawa Tengah.

Kabid Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sragen, Sunari mengungkapkan, mengacu pemberitahuan dari pusat melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK), alokasi untuk pembayaran tunjangan sertifikasi Kabupaten Sragen tahun 2017 mencapai Rp239 miliar.

Dari angka itu, kata Sunari sebesar Rp38 miliar diantaranya berada di rekening kas daerah (kasda) sebagai Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa) Tahun 2016. Sedangkan Rp201 Miliar sisanya nantinya menunggu pencairan dari pusat yang biasanya disesuaikan dengan termin pencairan.

"Dana sejumlah itu nantinya akan diproyeksikan membayar tunjangan sertifikasi sekitar 4.547 guru dan pengawas TK hingga SMP. Sedangkan untuk pengawas SMA/SMK dan guru SMA/SMK nantinya sudah dibayarkan oleh Pemprov Jawa Tengah," ucapnya seperti mengutip Krjogja, Kamis (12/1/2017).

Sunari menambahka kalau dana untuk pembayaran setiap triwulan, mengacu pada triwulan terakhir 2016. Pertriwulan kebutuhan anggarannya sekitar Rp 53,7 miliar. Ada pengurangan karena tahun ini yang guru dan pengawas SMA/SMK sudah diambil alih provinsi.

(RAN)
Live Streaming
Logo
breaking news x