Swedia Jadi Negara dengan Biaya Kuliah Termurah

Ilustrasi : (Foto: Dok. Okezone)

Ilustrasi : (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA – Kuliah di luar negeri memang membutuhkan biaya yag tidak sedikit. Kualitas pendidikan terbaik yang dtawarkan menjadi faktor mengapa biaya yang perlu dikeluarkan begitu besar.

Namun tidak semua negara memberlakukan biaya yang tinggi untuk masuk ke perguruan tinggi. Terbukti ada beberapa negara yang menawarkan pendidikan terbaik kelas dunia, namun dengan biaya yang terjangkau salah satunya adalah Jerman.

Dinukil dari laman Telegraph, berikut ini daftar negara dengan kualitas pendidikan terbaik dunia dengan biaya kuliah paling terjangkau. Di mana saja?

Jerman

Di Jerman rata-rata biaya kuliah yang dikenakan mencapai 332 poundsterling atau sekira Rp5,3 juta. Sementara untuk biaya hidup yang perlu kamu keluarkan sekira 6.374 poundsterling atau Rp103 juta. Jika dijumlahkan, kamu cukup mengeluarkan biaya sebesar 6.706 poundsterling.

Swedia

Di negara ini juga memberlakukan biaya kuliah yang cukup terjangkau. Kamu cukup membayar 13 poundsterling atau sekira Rp211.000. Ditambah dengan biaya hidup yang harus ditanggung, maka biaya yang perlu kamu keluarkan rata-rata sebesar 6.726 poundsterling.

Finlandia

Negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia ini juga menawarkan biaya kuliah yang terjangkau. Kamu cukup mengeluarkan biaya sebesar 88 poundsterling atau sekira Rp1,4 juta.

Afrika Selatan

Biaya kuliah yang ditawarkan di Afrika Selatan juga terbilang terjangkau. Jika kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan di negara tersebut, kamu cukup mengeluarkan biaya sebesar 3.984 poundsterling atau sekira Rp64 juta.

Thailand

Di negara ASEAN seperti Thailand, juga memberlakukan biaya kuliah yang terjangkau. Biaya kuliah yang bisa kamu keluarkan untuk mengenyam pendidikan di Thailand sebesar 2.650 poundsterling atau sekira Rp43 juta. (afr)

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x