facebook pixel

Cara Menguras Gelembung Udara pada Minyak Rem

Mengeluarkan gelembung udara pada minyak rem (Foto: Carsintrend)

Mengeluarkan gelembung udara pada minyak rem (Foto: Carsintrend)

JAKARTA - Bagi sebagian pengemudi, mungkin sering menemui sistem kinerja rem tidak maksimal, meski pedal sudah di tekan dalam. Masalahnya bisa karena kampas rem yang sudah menipis dan bisa juga tekanan oli pada kaliper rem bermasalah akibat adanya udara di dalam minyak rem.

Gelembung udara yang terdapat pada minyak rem berasal dari formasi ketika minyak rem bekerja pada titik didih maksimal, ataupun saat menambahkan minyak rem dengan cara menekan pedal untuk menyalurkan minyak rem, terdapat gelembung udara yang ikut mengalir ke saluran rem.

Untuk mengeluarkan gelembung udara tersebut, harus dilakukan pengurasan, Cara cukup mudah, yakni dengan membuka saluran pembuangan minyak rem yang terdapat pada kaliper. Namun sebelum membuka berikan tekanan minyak rem dengan cara menekan pedal beberapa kali, agar udara yang terdapat pada minyak rem turun ke bawah kaliper.

Setelah itu buka saluran pembuangan yang terdapat pada kaliper. Agar minyak rem tidak membayakan gunakan selang kecil untukk menyalurkan minyak rem yang keluar. Tekan beberapa kali pedal rem untuk mengeluarkan pelumas yang terdapat pada saluran dan kaliper. Demikian seperti dikutip dari Carsintrend, Jumat (13/1/2017).

Usahakan agar seluruh minyak rem keluar dengan maksimal, setelah itu kembali tutup saluran pembuangan dan tambahkan minyak rem yang telah berkurang pada tangki penampungan. Namun ada baiknya lakukan pengurasan dan tuangkan minyak rem baru, tidak dengan cara dicampur yang dikhawatirkan aditif minyak rem baru dan lama berbeda.

(ton)
​