facebook pixel

Giliran FCA Dituding Memanipulasi Emisi, Jeep Grand Cherokee Ikut Disebut

Fiat Chrysler Automobiles tersandung skandal emisi mesin diesel (Foto: Reuters)

Fiat Chrysler Automobiles tersandung skandal emisi mesin diesel (Foto: Reuters)

WASHINGTON - Otoritas Amerika Serikat menuduh Fiat Chrysler Automobiles (FCA) melakukan kecurangan terkait pelaporan emisi gas buang pada kendaraan bermesin diesel. Hal serupa terjadi pada Volkswagen dua tahun lalu.

Ada beberapa model kendaraan FCA yang menggunakan software untuk memanipulasi data emisi yang dihasilkan.

Penyelidikan yang dilakukan Lembaga Perlindungan Lingkungan Amerika Setikat (EPA) mendapati 100 ribu unit mobil diesel 3 liter yang dijual dalam kurun tiga tahun terakhir menggunakan software tersebut. Di antaranya termasuk beberapa model Jeep.

EPA sudah menyurati FCA terkait dugaan manipulasi emisi pada 104 ribu kendaraan, di antaranya SUV Jeep Grand Cherokee dan pikap Ram produksi 2014 hingga 2016.

"Kesalahan dalam menyingkap software yang berdampak pada tingkat emisi yang dihasilkan mesin kendaraan merupakan hal serius dan melanggar hukum. Hal ini bisa menghasilkan polusi udara yang berbahaya dan mengganggu pernapasan," terang Cynthia Giles dari EPA, seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (13/1/2017).

Sementara itu, FCA membantah tudingan adanya kesalahan pada software-nya. FCA akan melakukan penyelidikan terhadap delapan software yang terindikasi memanipulasi data emisi sebagaimana dituduhkan EPA.

(ton)
​