facebook pixel

Akhirnya, Honda Civic Pulang Kampung ke Jepang

(Foto: Reuters)

(Foto: Reuters)

TOKYO - Honda Motor mengumumkan akan kembali menjual mobil Civic ke pasar Jepang. Mobil ini dihentikan penjualannya di Jepang sejak 2010 karena minimnya permintaan. Honda akan mulai menjual Civic di Jepang pada musim panas 2017.

Head of Honda Operation Japan Kimiyoshi Teratani mengatakan, Civic diharapkan bisa mengangkat kembali brand image Honda di Jepang sebagai merek sporty. Saat ini Civic dipasarkan di berbagai negara Amerika, Eropa, dan Asia, dengan Amerika Serikat sebagai pasar terbesarnya.

Pasalnya sejak beberapa tahun terakhir, Honda mengalihkan fokus penjualan ke mobil-mobil entry level, seperti multi purpose vehicle (MPV) Odyssey dan mobil compact seperti keicar N-box. Padahal sebelumnya, orang Jepang mengenal Honda sebagai produsen mobil sedan.

Selain itu, permintaan sedan di pasar potensial seperti Amerika Serikat sedang menurun. Hal ini disebabkan selera konsumen yang beralih ke mobil jenis sport utility vehicle (SUV).

Honda juga kembali memfungsikan pabriknya di Jepang untuk memproduksi Civic setelah vakum sejak 2010. Civic produksi Jepang juga akan dieksepor ke Amerika Serikat.

“Kami sekarang dikenal sebagai spesialis mobil MPV dan keicar (mobil kecil). Kami menyadari image Honda-esque kami semakin melemah. Civic tidak akan menjadi NSX (supercar Honda di bawah merek Acura). Tapi ini hanya model yang kami harapkan bisa mengangkat brand image,” tutur Teratani seperti dikutip dari Reuters, Jumat 13 Januari 2017.

Honda Civic pertama kali diperkenalkan pada 1972 dan hingga saat ini sudah terjual sebanyak 24 juta unit di seluruh dunia. Civic juga merupakan mobil terlaris Honda di AS.

Di pasar global, Honda Civic sedan bersaing dengan Toyota Corolla dan Hyundai Elantra. Sementara Civic hatchback berhadapan dengan Toyota Auris, Mazda3, Ford Focus, dan Vollkswagen Golf.

(ton)