facebook pixel

TOP AUTOS: Honda Mobilio Facelift dan Taksi MPV

Honda new Mobilio (Foto: HPM)

Honda new Mobilio (Foto: HPM)

JAKARTA – PT Honda Prospect Motor (HPM), selaku agen pemegang merek (APM) mobil Honda di Indonesia, meluncurkan new Mobilio. Pembaruan pada Mobilio ini semakin memperkuat posisi Honda di segmen low multi purpose vehicle (LMPV).

Dari tampilan luar, new Mobilio mengaplikasikan solid wing face dengan lampu utama yang dilengkapi daytime running light (DRL) LED, kap mesin yang lebih panjang, bumper dan grille baru, rear license garnish baru, serta pelek baru berdiamater 15 inci.

Di kabin, new Mobilio juga tampil baru yakni jok, audio steering switch, monitor layar sentuh 6,8 inci, dan penambahan speaker.

Marketing and Aftersales Service Director PT HPM Jonfis Fandy mengatakan, new Mobilio masih ditawarkan dalam tiga varian yakni S, E, dan RS (varian paling atas).

"Untuk harga ada kenaikan Rp7,5 juta dari setiap variannya. New Mobilio S dijual mulai Rp189,5 juta, E transmisi manual Rp210 juta, E transmisi otomatis Rp221 juta, serta RS transmisi manual Rp233 juta (MT), dan RS otomatis Rp243,5 juta," ujar Jonfis.

Honda Mobilio menjadi salah satu LMPV yang dipilih perusahaan taksi. Meski sudah banyak dipakai, HPM menyatakan tidak akan membuat varian Mobilio khusus taksi. Seperti diketahui, Mobilio yang digunakan merupakan varian terendah yakni S.

"Kami enggak bedakan dengan bikin (Honda Mobilio) grade khusus taksi. Ini bikin pembeli rugi. Kalau ada grade khusus taksi bakalan rugi karena resale value-nya jatuh banget," jelas Jonfis.

Ia menambahkan, dalam memilih produk mobil sebagai armada biasanya perusahaan taksi memiliki regulasi cukup tinggi. Ini lantaran mobil harus beroperasi dengan waktu lebih banyak dibandingkan dengan kendaraan yang dipakai untuk kepemilikan pribadi.

Namun, lanjut Jonfis, saat ini pihaknya masih dipercaya dan terus menyuplai kebutuhan produk LMPV Honda Mobilio ke perusahaan taksi. "Kami masih suplai. Untuk berapa unitnya enggak tahu, coba ditanya ke perusahaan taksinya," ucap Jonfis.

Pasar taksi LMPV memang cukup menarik bagi agen pemegang merek (APM) mobil. Tak heran jika PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan produk Avanza Transmover untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Avanza Transmover menggunakan varian terendah yakni Tipe E bermesin 1.300 cc dengan banderol Rp143,55–150 juta off the road. (san)

(ton)