Image

Sri Paus Jamu Presiden Palestina yang Disebutnya Malaikat Perdamaian

Paus Fransiskus I dan Presiden Palestina. (Foto: Reuters)

Paus Fransiskus I dan Presiden Palestina. (Foto: Reuters)

ROMA – Paus Fransiskus I bersiap menjamu Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Vatikan, Roma sebelum keduanya bertolak ke Prancis untuk menghadiri Konferensi Perdamaian Paris. Belum diketahui apa yang jadi agenda pembahasan Sri Paus dan Abbas, namun diduga topiknya berhubungan dengan konflik di Yerusalem.

Pertemuan di Vatikan kabarnya juga akan dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Italia Angelino Alfano. Berdasarkan informasi yang dihimpun Independent, Jumat (13/1/2017), Palestina ditaksir akan membuka kedutaan besar di Vatikan pada tahun ini.

Hubungan antara Vatikan dan Palestina faktanya memang telah membaik selama beberapa tahun terakhir. Paus dan para pejabat gereja Katolik Roma telah mengakui Palestina sebagai negara yang berdaulat pada 2015.

Dengan pertemuan di awal tahun ini, Abbas sudah tiga kali menjejakkan kaki di Vatikan. Pertama pada 2014 dalam perjalanan menuju Holy Land. Kedua kali saat Vatikan memberikan pengakuan atas eksistensi negara Palestina setahun kemudian.

Selagi hubungan Vatikan-Palestina kian mesra, kemitraan dengan Israel justru merenggang. Tel Aviv makin mendidih tatkala Paus berdarah Argentina tersebut menyebut kepala negara kedua Palestina itu sebagai malaikat perdamaian.

Mahmoud Abbas sendiri telah menyatakan keinginannya untuk berdamai dengan Israel. Ia siap duduk bersama di depan meja perundingan asalkan Perdana Menteri Benyamin Netanyahu mau menghentikan pembangunan pemukiman baru di tanah Palestina.

Konferensi Perdamaian di Paris yang dimulai setahun lalu kini digelar kembali untuk mencari solusi konflik antara Israel dan Palestina. Namun Israel menolak hadir dan mengakui hasil dari konferensi internasional tersebut. Bibi –julukan PM Netanyahu- bahkan menyebutnya sebagai pembicaraan tipu-tipu.

(Sil)
Live Streaming
Logo
breaking news x