Korsel Cari Capres, Mantan Sekjen PBB Jadi Calon Favorit

Mantan Sekjen PBB Ban Ki-moon difavoritkan menjadi calon presiden Korsel berikutnya. (Foto: Reuters)

Mantan Sekjen PBB Ban Ki-moon difavoritkan menjadi calon presiden Korsel berikutnya. (Foto: Reuters)

SEOUL – Mantan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban Ki-moon menjadi salah satu tokoh yang difavoritkan menjadi presiden Korea Selatan (Korsel) berikutnya. Dalam jajak pendapat terbaru, Ban menempati urutan kedua di belakang pemimpin oposisi Moon Jae-in.

Diwartakan Reuters, Jumat (13/1/2017), mantan menteri luar negeri Korsel itu mendapat dukungan dari 20 persen responden jajak pendapat di belakang ketua partai oposisi Minjoo, Moon Jae-in yang memperoleh 31 persen suara. Tempat ketiga diduduki kandidat Partai Minjoo lainnya, Lee Jae-myung dengan 12 persen dukungan.

Jajak pendapat tersebut dilakukan selama dua hari pada 10 sampai 12 Januari 2017 setelah dua kerabat Ban didakwa atas tuduhan penyuapan oleh Pengadilan Amerika Serikat (AS). Adik Ban, Ban Ki-sang dan keponakannya Joo Hyun Ban dituduh menyuap pejabat Timur Tengah dalam jual beli kompleks gedung “Landmark 72” di Vietnam senilai USD800 juta. Ban menyatakan tidak tahu menahu mengenai masalah yang menimpa kerabatnya.

Diplomat berusia 72 tahun itu sampai saat ini belum mengungkapkan niatnya untuk maju dalam pencalonan presiden Korsel. Tetapi, Ban berjanji akan segera memutuskan mengenai masa depan karier politiknya dalam waktu dekat.

(dka)
Live Streaming
Logo
breaking news x